Malang United FC Asah Mental Pemain

Pelatih Malang United Rochmad Santoso (oranye) ingin mengasah mental para pemainnya dengan berujicoba melawan tim-tim Liga 1.

MALANG, NewMalangPos – Malang United FC punya rencana yang berbeda pada masa persiapan menyambut Liga 3 musim 2021.

Tim berjuluk Kuda Hitam itu mengasah mental para pemainnya dengan menghadapi tim-tim Liga 1. Sebelum PPKM Darurat, Malang United sudah berujicoba dengan Persipura Jayapura, Madura United dan Persebaya Surabaya.

Pelatih Malang United FC Rochmad Santoso mengatakan rangkaian uji coba dengan tim Liga 1 bukan sembarang dijadwalkan. Dia telah mematok target yang ingin dicapai anak asuhannya.

“Saya ingin melihat bagaimana mental anak-anak kalau uji coba dengan tim-tim yang secara kualitas berada di atas kita,” ujarnya kepada New Malang Pos.

Baca Juga :  Buka Peluang Datangkan Pelatih Lokal

Dalam setiap uji coba itu, tidak ada yang bisa dibanggakan dari hasil akhirnya. Kualitas dan kedalaman tim sangat berbicara lantaran gawang Malang United kerap menjadi lumbung gol di setiap pertandingannya. Namun Rochmad tidak mempermasalahkan itu.

“Untuk masalah gol, tidak begitu saya pikirkan. Fokus saya soal mental. Bagaimana mereka keluar dari situasi ditekan para pemain yang kualitasnya bisa dibilang sudah top semua. Selain mental, juga soal pengalaman yang berharga,” kata dia.

Menurut Rochmad, di tiga pertandingan sebelummya performa anak asuhnya memang sulit dikatakan meningkat. Ia sebenarnya cukup yakin dengan pemainnya selama latihan, namun mendadak performa di lapangan 180 derajat berbeda. Dia pun sangat yakin persoalan mental itu belum sepenuhnya dikuasai para pemain Malang United.

Baca Juga :  Ozil Gabung Fenerbahce, Akhiri Penderitaan di Arsenal

“Dengan lawan Liga 1,  mental anak-anak bisa berbicara. Kalau memang mentalnya jelek, malah bikin mereka down. Sedangkan kalau mental mereka bagus, mereka bakal menunjukkan usaha untuk bisa di atas lawannya, meskipun mereka hanya pemain Liga 3,” terangnya.

Sebagai upaya perbaikan mental, Rochmad menuturkan masih mengagendakan lawan tim Liga 1 lainnya. Uji cobanya bakal digelar selepas PPKM Darurat. Hanya saja, Rochmad masih menutup rapat calon lawannya ini.

“Insya Allah memang ada rencana uji coba lagi dengan tim Liga 1. Seharusnya kita gelar kemarin sebelum PPKM Darurat. Tapi karena ada PPKM Darurat, akhirnya diundur dulu. Mungkin setelah PPKM Darurat ini lah, ada uji coba dengan Liga 1 lagi,” kata mantan pemain Metro FC ini. (abr/jon)