new malang pos
Masyarakat Kota Malang semakin dimudahkan untuk mengurus layanan adminidtrasi kependudukan dengan layanan via WA petugas di masing-masing kelurahan. (NMP-IPUNK)

NewMalangPos, MALANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang memberikan layanan kontak person (CP) sebanyak 57 kontak untuk memudahkan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) warga Kota Malang.

Kontak person ini berupa nomor whatsapp petugas per kelurahan untuk menerima permohonan layanan Adminduk warga per kelurahan tersebut.

“Nomor whatsapp petugas di tiap kelurahan kami sampaikan ke masyarakat. Bisa langsung whatsapp jika ingin mengurus sesuatu,” kata Kepala DIspendukcapil Kota Malang Dra Eni Hari Sutiarny MM kepada New Malang Pos.

Ia mengatakan nomor-nomor ini bisa dilihat warga dengan membuka website resmi atau medsos Dispendukcapil Kota Malang. Nomor layanan whatsapp ini perlu diketahui warga, karena adanya batasan-batasan layanan publik akibat pandemi Covid-19. Layanan pemerintahan untuk publik diarahkan untuk dapat dilakukan tidak dengan tatap muka.

“Kapasitas pemohon Adminduk yang datang ke kantor saja sudah sangat dibatasi. Apalagi ini kita sedang menerapkan PPKM. Maka dari itu perlu diperhatikan agar warga juga tetap bisa terlayani meskipun dengan layanan whatsapp,” tandas Eny.

Alur dari pelayanan ini pertama setelah menghubungi nomor kontak petugas, maka warga akan ditanyai kebutuhan adiministrasi yang akan diurus. Setelah itu diberikanlah secara online, formulir-formulir yang harus diisi warga.

Pengajuan formulir beserta kelengkapan data yang diurus warga juga dapat dikirim via online atau secara media elektronik. Layanan whatsapp ini bisa diakes di jam-jam kerja Dispendukcapil Kota Malang.

“Nanti ketika tahap terakhir saja, misalnya kalau yang rekam e-KTP seperti dia mau diambil fotonya yang datang ke kantor. Selebihnya sudah dikerjakan tanpa tatap muka,” tegas Eny. (ica/aim)