Tujuh IKM Raih Penghargaan Dekranasda Award 2020

new malang pos
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko memberikan penghargaan kepada Batik Blimbing pemenang kategori IKM Kearifan Lokal dan Budaya Dekranasda Award 2020.

NEW MALANG POS, MALANG – Tujuh Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Malang meraih penghargaan Dekranasda Award 2020. Penghargaan diserahkan kepada para pemenang di Kartini Imperial Building, Kamis (26/11) malam kemarin. Awalnya ada 117 IKM yang terdaftar dalam Dekranasda Award 2020. Kemudian disaring menjadi 28 sebagai nominatornya dari tujuh penghargaan yang diberikan.

7 penghargaan itu, kategori IKM Berdampak Sosial yang diraih HOD Indonesia, IKM Inovasi Produk dan Jasa oleh Eva Unique Accessories, IKM Survive Masa Pandemi oleh D’Sil Homemade, IKM Inovasi Pemasaran oleh SahaWood, IKM Startup Potensial oleh Perca Cita, IKM Produk Ramah Lingkungan oleh Reramban dan IKM Kearifan Lokal dan Budaya oleh Batik Blimbing. Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko mengaku bangga terhadap hasil kerja keras para IKM dalam menghasilkan karya yang bernilai tinggi. Ia pun berpesan kepada para IKM untuk terus semangat dalam menghasilkan sebuah karya.

“Dengan tangan-tangan yang telaten dan mampu menghasilkan suatu karya yang besar dari hal- hal sederhana, mampu menghasilkan karya besar dan membanggakan kita semua. Selamat dan sukses, semoga di tahun 2021 bisa lebih baik dan lebih bagus lagi,” ujar Bung Edi, sapaan akrabnya saat menutup gelaran Dekranasda Award 2020.

Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kreatifitas industri kreatif yang ada di Kota Malang.  Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Drs. Wahyu Setianto M.M mengatakan, selain bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kreatifitas pelaku industri kreatif, ajang ini juga sebagai wadah untuk memaksimalkan usahanya di masa mendatang. Agar pelaku industri mampu membuat masyarakat umum menjadi lebih sejahtera.

“Memberdayakan masyarakat, memberikan dampak dan manfaat untuk lingkungan sekitar dan mampu bersaing di pasar domestik dan luar negeri. Ini juga komitmen Pemerintah Kota Malang untuk mendorong motivasi pelaku industri kreatif untuk berdedikasi melakukan berbagai upaya mengembangkan industri kecil menengah,” ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan, Malam Penganugerahan Dekranasda Award ini akan diselenggarakan kembali di tahun mendatang. Dengan konsep yang semakin baik dan menarik lagi.

“Mudah mudahan di tahun 2021 acara ini akan kami tingkatkan lagi, lebih bagus lagi. Ada beberapa daerah yang akan meniru kegiatan Dekranasda Award ini. Salah satunya adalah dinas Kopindag di Batu akan meniru kegiatan Dekranasda yang ada di Kota Malang,” imbuh Wahyu. (ian/adv/aim)