Siapkan Imlek dengan Upacara Sang Sien Bing

new malang pos
Menyambut Imlek, umat Kong Hu Cu bersembahyang dalam upacara Sang Sien Bing di Klenteng Eng An Kiong. (NMP-Ipung Purwanto)

NewMalangPos, MALANG – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2572, Klenteng Eng An Kiong Kota Malang menggelar upacara Sang Sien Bing, ibadah yang dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Raya Imlek. Kegiatan di tahun ini sedikit berbeda, karena harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Sehingga tidak bisa dilakukan dengan banyak orang saat melakukan sembahyang. Kegiatan ini prosesi penting dan rutin yang dilakukaan oleh umat Kong Hu Cu. Tujuannya untuk melaporkan segala bentuk amal dan perbuatan yang dilakukan dengan pengantaran dewa yang suci ke kayangan (Sang Sien).

“Menghantar para dewa berkaitan dengan persiapan hari Raya Imlek,” ungkap Sekretaris Klenteng Eng An Kiong,  Rudy Phan kepada New Malang Pos, kemarin.

Usai bersembahyang, seluruh altar mulai dibersihkan. Rupang dewa dikeluarkan untuk dibersihkan dan disucikan. Selain menjadi bagian dari tradisi persiapan menjelang imlek, ritual tersebut dilakukan sebagai bentuk penyucian diri menjelang perayaan Imlek.

Meskipun tidak bisa melaksanakan seperti di tahun-tahun biasanya dengan berbagai kemeriahan, antusiasme dari umat Kong Hu Cu ini tidak luntur dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2572 ini.

Selanjutnya jemaat akan melakukan pembersihan para dewa secara bersama-sama. Umat akan membersihkan tempat ibadah mulai di rumah masing-masing dan di Klenteng Eng An Kiong ini juga.

“Proses pembersihan dilakukan hingga tiga hari setelah Imlek atau menjelang datangnya Ciek Sen,” ungkap Wakil Ketua Umum Yayasan Klenteng Ang En Kiong, Herman Subianto menambahkan.

Ciek Sien in merupakan penyambutan para dewa yang telah kembali dari kayangan setelah tiga hari Tahun Baru Imlek diperingati. Ini juga menjadi pertanda bahwa umat siap untuk kembali memulai tahun  baru dan menyiapkan yang terbaik di tahun yang baru ini. (dj7/aim)