Segera Lelang Pembangunan MCC Rp 100 Miliar

new malang pos
Lahan bekas kantor PDAM Kota Malang di Jalan A. Yani Kota Malang segera akan dibangun Malang Creative Center (MCC) yang sempat batal dibangun tahun lalu. (NMP-RURI)

NewMalangPos, MALANG – Mega proyek Malang Creative Center (MCC) yang batal dibangun tahun lalu, akan mulai dilaksanakan tahun ini. Pekan ini sudah mulai masuk proses tender. Dicari konsultan pengawas pekerjaan fisik MCC dengan pagu anggaran Rp 1,5 miliar.

Untuk pembangunannya telah dianggarkan Rp 100 miliar dalam APBD Kota Malang.

 “Tahap persiapannya untuk di up (di upload/diumumkan) ke LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) sudah mau selesai. Dalam pekan ini bisa di up (diumumkan lelang tender,red),” kata Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang atau Jasa Kota Malang Widjaja Saleh Putra saat dikonfirmasi New Malang Pos, Senin (15/2) kemarin.

Dijelaskannya, pagu anggaran yang disiapkan untuk tender konsultan pengawas ini totalnya sebesar Rp 2,5 miliar. Karena proyek ini dikerjakan multiyears maka disiapkan setengahnya saja dulu sambil berproses ke depannya.  Proses lelang tender jasa pengawas konstruksi akan memakan waktu hingga 70 hari setelah diumumkan di LPSE.

“Tidak bisa dipercepat, tapi bisa jadi lebih dari 70 hari. Misalkan tender gagal karena pelamar lelang tidak masuk kualifikasi dan lain sebagainya. Tapi batasnya 70 hari jika lancar,” tegas Widjaja.

Selain tender konsultan pengawas, setelah itu pihaknya juga menunggu berkas tender lain untuk merealisasikan pembangunan MCC. Tender pelaksanaan jasa konstruksi MCC. Segera setelah pihaknya menerima berkas permohonan lelang untuk konstruksi fisik MCC, tidak akan makan waktu lama tender akan diumumkan.

“Untuk pekerjaan fisik, tidak butuh waktu lama seperti tender jasa konsultan pengawas. Minimal waktu yang dibutuhkan 40 hari,” tegas Widjaja saat ditemui di Balai Kota Malang

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Ir Hadi Santoso menjelaskan, setelah dokumen lelang tender pengawas MCC diupload ke LPSE pihaknya akan langsung mengirimkan berkas untuk proses tender pengerjaan fisik MCC. (ica/aim)