Rektor ITN Malang Wafat

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Ir. Kustamar, MT, Senin (8/2) berpulang.

NewMalangPos – Dunia Pendidikan Kota Malang kembali berduka. Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Ir. Kustamar, MT, Senin (8/2) berpulang. Kabar kepulangnya cukup mendadak. Pukul 04.00 WIB tadi pagi.

New Malang Pos, mendapat kabar dari Humas ITN Malang, pukul 7.30. “Kami belum bisa memberikan info lebih lanjut ya Mas. Nanti saja setelah acara pemakaman dari rumah duka,” ucap Mita, staf Humas ITN Malang.

Hingga berita ini diturunkan, rumah duka yang berada di Jalan Simpang Adi Sucipto RT 10 RW 5 Kelurahan Pandanwangi ramai dikunjungi para pelawat dari berbagai kalangan. Baik dari civitas ITN Malang dan para kolega almarhum dari berbagai instansi. Karangan bunga juga terus berdatangan.

Rencananya acara pemakaman akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB pagi ini. Di TPU Ammassur – Jambangan. “Rencananya (pemakaman) setelah ini, kita masi nunggu pak Walikota sudah dalam perjalanan,” ujar Ari, Humas ITN Malang.

Rektor ITN Malang Kustamar, diketahui menderita sakit cukup lama. Lebih dari dua bulan. Di berbagai aktivitas juga tidak hadir. Hanya beberapa kali hadir dalam acara virtual. Itupun hanya memberikan sedikit sambutan.

Terakhir bergabung di rapat virtual yang membahas tentang Dies Natalis ITN Malang yang ke 52. New Malang Pos yang turut bergabung dalam rapat itu melihat Kustamar dalam kondisi tidak fit. Beberapa kalimat yang diucapkannya sering terputus. Berbicaranya juga terbata-bata.

Kendati demikian, dalam kesempatan itu Kustamar tidak menyampaikan keluh kesah atas sakit yang dideritanya. Tidak seperti kebanyakan orang, yang minta maaf kalau dalam kondisi sakit.

Tidak dengan Kustamar. Ia tetap ingin terlihat sehat di depan para dosen dan karayawan ITN Malang. Itu agar civitas ITN Malang tetap semangat. Apalagi saat itu kegiatan rapat penting. Juga dihadiri jajaran pengurus Perkumpulan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional. Rapat itu untuk menentukan langkah dan strategi ITN ke depan. (imm/jon)