Pers Harus Aktif Perangi Hoax

NewMalangPos, MALANG – Tokoh pemuda yang juga politisi Partai Golkar, Suryadi, S.Pd menaruh harapan besar bagi perkembangan dunia pers tanah air yang baru saja memperingati Hari Pers Nasional (HPN),Selasa (9/2).

“Pers punya peranan sangat penting bagi masyarakat.Bahkan, pers memiliki andil dalam mengedukasi masyarakat. Karena dengan pers, masyarakat Indonesia bisa mengetahui berbagai informasi dan juga memiliki peran penting bagi pejabat pemerintah maupun wakil rakyat dalam transparansi informasi,” terangnya kepada New Malang Pos,Rabu(10/2).

Anggota DPRD Kota Malang ini menambahkan, pers juga memiliki peran penting dalam memberantas penyebaran hoax di tengah-tengah masyarakat. ” Saat ini mudah sekali kita mengakses informasi, sehingga pers harus ikut dalam memerangi berita-berita hoax,’’ tegasnya.

Suryadi yang juga Ketua Karang Taruna Kota Malang berharap masyarakat bisa tahu mana media yang terpercaya dan media yang hanya menyebarkan hoax.Karena itu,dia kembali mengingatkan pentingnya pers harus ikut memerangi berita-berita hoax.

Tokoh berpenampilan ramah ini mengingatkan disaat pandemi Covid-19 sekarang ini, insan pers memiliki peran penting dalam menyebarkan infromasi mengenai Virus Corona.Terlebih pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam memutus mata rantai penyebaran pandemi mematikan ini.

“Disinilah juga salah satu peran penting insan pers. Hanya saja memberitakan tentang Corona harus menghindari membuat cemas masyarakat. Tapi harus membuat berita bersifat edukasi untuk mengingatkan masyarakat selalu melakukan protokol kesehatan (prokes) dan 5-M,” pungkas anggota Komisi D DPRD Kota Malang ini.(nug)