Peningkatan UMKM Jadi Prioritas 2021

NEW MALANG POS, MALANG – Pemulihan dampak ekonomi imbas dari pandemi Covid-19 masih menjadi prioritas pemerintah Kota Malang. Untuk mewujudkan itu, pemerintah Kota Malang sudah mempersiapkan pencanangan beberapa program untuk pengadaan barang dan jasa di tahun 2021.

“Ya seluruh program yang ada di APBD, nanti dilaksanakan di tahun 2021, itu harus dicanangkan cuman titik tekannya adalah, tetep penanganan Covid-19 yang menjadi prioritas utama,” ujar Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dalam Persiapan Pengadaan Barang / Jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Malang Tahun Anggaran 2021, di Swiss Bell-In, Rabu (2/12) kemarin.

Bung Edi sapaan akrabnya, menekankan pentinganya untuk melakukan langkah evaluasi. Dengan adanya evaluasi tersebut maka pengadaan barang jasa yang dilakukan oleh pemerintah daerah ke depan juga menjadi semakin maksimal.

“Hal yang kemarin menjadi kendala di angkat sebagai bahan evaluasi ke depan, supaya tidak terjadi lagi. Harapannya secara keseluruhan pengadaan barang tahun 2021 lebih baik. Dalam arti lebih cepat, lebih tepat waktu,” tambah Bung Edi.

Salah satu yang menjadi sorotan dan prioritas pemerintah, tentunya adalah pemulihan perekonomian. Bagaimana agar pengadaan barang dan jasa yang dilakukan oleh pemerintah daerah dapat memberi dampak untuk perbaikan ekonomi masyarakat.

“Sehingga perekonomian juga bagian yang harus diperhatikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Kota Malang, Widjaja Saleh Putra menyebutkan sebagai langkah untuk pemulihan ekonomi pemerintah memberikan porsi yang cukup besar untuk UMKM.

“Petunjuknya 40 persen harus untuk UMKM, untuk UMKM Rp 2,5 miliar. Semuanya, barang jasa, konstruksi, dan lain sebagainya. Barang konsultasi, sampai dengan Rp 2,5 miliar untuk Usaha Kecil Mikro,” ungkap Widjaja kepada awak media.

Widjaja menjelaskan, meski perekonomian di Kota Malang juga sangat terdampak pandemi Covid-19, namun perekonomian masih menunjukkan adanya pergerakan. Dibandingkan kota lain, Widjaja menyebut Kota Malang masih lebih baik untuk masalah ekonomi

“Kota Malang ini bagus sekali, tender rencananya 128 dan terealisasi 99. Itu sudah bagus sekali. Melampaui target, sehingga menunjukan jika perekonomian Kota Malang bergerak,” katanya. (ian/aim)