Penanggungan Kelurahan Tangguh Bencana

new malang pos
Lurah Penanggungan Kota Malang, Yuyun Nanik Ekowati menerima Piala Juara Kelurahan Terbaik kategori Madya dalam lomba Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur dari Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, di halaman Balaikota Malang.

NEW MALANG POS, MALANG – Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang ditetapkan sebagai juara kelurahan terbaik kategori madya dalam lomba Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan itu diterima Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada upacara peringatan HUT Pemprov Jatim, 12 Oktober lalu.

Bung Edi, sapaan akrab wakil wali Kota Malang menjelaskan, penanganan bencana sepatutnya dilakukan oleh semua unsur. Hal inilah yang dilakukan oleh Kelurahan Penanggungan sehingga dapat meraih juara.

“Ini bukti bahwa di Kota Malang, masyarakatnya, pemerintah dan seluruh stakeholder yang ada memiliki tingkat kesadarannya tinggi, terutama dalam mengatasi masalah kebencanaan,” ujar Bung Edi, saat apel pagi penyerahan juara kelurahan tangguh bencana kepada Kelurahan Penanggungan di halaman Balai Kota Malang, Senin (19/12) kemarin.

Labih lanjut Bung Edi menjelaskan, kriteria kelurahan terbaik ini telah dinilai dengan ketat dan dengan beberapa indikator. Bahkan penilaian dilakukan secara langsung dengan turun ke lapangan.

“Pentahelixnya betul-betul terwujud. Unsur pemerintahnya, komunitas dalam hal ini masyarakat, ada pak RT RW, ketua Karang Taruna, PKK, potensi potensi yg ada sekitar situ apa saja, Pentahelix bisa terjadi dan berjalan,” ujarnya.

Bung Edi berharap, atas capaian tersebut, Kelurahan Penanggungan dapat menjadi percontohan bagi kelurahan lain.

“Tindak lanjutnya bagaimana muncul seperti Kelurahan Penanggungan ini di kelurahan lain. Kelurahan Penanggungan bisa bergerak lagi untuk tingkat utama. Sekarang madya, rencana awal pratama tapi naik jadi madya. Nanti bergerak ke tingkat yang lebih tinggi. Di kelurahan lain bisa dijadikan pilot project untuk mewujudkan hal yang sama karena potensi nya hampir sama. Selamat untuk Kelurahan Penanggungan,” ucapnya. (mp3/aim)