Pemkot Bangun Gedung Tiga SMPN Baru

NEW MALANG POS, MALANG- Implementasi zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menjadi perhatian khusus. Untuk menambah daya tamping, Pemkot Malang akan membangun tiga unit sekolah baru di tahun depan. Anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 27,5 miliar.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, pembangunan tiga sekolah baru ini sebagai bentuk pemenuhan sistem zonasi di wilayah yang masih minim sekolah negeri. Rencananya, pembangunan gedung SMP baru ini akan dilakukan di tiga wilayah, Mulyorejo, Gadang, dan Polehan. Sementara ini, sekolah yang bakal dibangunkan gedung baru ini harus menumpang ke di sekolah lain, yakni SMPN Mulyorejo menginduk di SMPN 15, SMPN Gadang di SMPN 7, dan SMPN Polehan menginduk di SMPN 21.

“SMP ini permintaan masyarakat. Kemarin untuk SMP itu ada sistem zonasi yang tidak membuka jalur-jalur yang lain. Hanya perbanyak dulu zonasi,” jelasnya saat dikonfirmasi kemarin.

Meski begitu, menurut Sutiaji kebutuhan akan fasilitas sarana prasarana sekolah tak hanya berbasis untuk sekolah negeri saja. Pihaknya, dalam hal ini juga akan memperhatikan bagi sekolah swasta.

Salah satunya, dengan meningkatkan BOSDA (Bantuan Operasional Daerah) bagi sekolah berbasis swasta.

“Tetap sekolah-sekolah yang berbasis swasta juga harus kita berikan apresiasi. Kami juga akan meningkatkan terus BOSDA untuk sekolah swasta. Sehingga akan berimbang, sekolah-sekolah swasta juga akan bisa kuat, negeri juga tetap sesuai dengan kebutuhan,” tandasnya. (ica/aim)