Operasional Bandara Abd. Saleh Malang Aman dan Lancar

NMP
PERSIAPAN: Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tetap melaju di rute Jakarta – Malang dan tidak terganggu letupan Gunung Semeru, Selasa pagi kemarin. (NMP-HARY SANTOSO)

NEW MALANG POS, MALANG – Otoritas pengelola bandara Abdurahman Saleh, Malang, memastikan operasional penerbangan dari dan ke Malang, aman.

Abu vulkanik letupan Gunung Semeru, sama sekali tidak menganggu jadwal penerbangan yang sudah dijadwalkan.

‘’Aman. Sampai hari ini (Rabu siang) masih aman.  Maskapai penerbangan tetap terbang sesuai jadwalnya,’’ tandas Suharno, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Abd Saleh Malang, Dinas Perhubungan Jatim di kantornya, Rabu siang.

Menurut dia, sedikitnya ada lima jadwal penerbangan Jakarta – Malang – Jakarta. Ke lima jadwal ini dilayani masing-masing Citylink 2 kali, Batik Air 2 kali dan Garuda Indonesia sekali.

Baca Juga: Pelebaran Jalur Bromo, Tunggu Banntuan Pemerintah Australia

‘’Sekarang, jadwalnya Garuda take off ke Jakarta. Sekarang masih maintenance persiapan lepas landas,’’ tutur Suharno, yang asli Lumajang dan hafal betul sifat-sifat letusan Gunung Semeru.

Ditambahkan dia, kendati kondisi cukup aman tetapi pihaknya tetap waspada penuh. Berbagai metode dilakukan untuk mengamati perkembangan ‘bangunnya’ Gunung Semeru dari tidurnya.

‘’Salah satunya kita pantau dengan paper test. Yaitu meletakkan kertas di halaman untuk melihat kedatangan abu vulkanik. Plus dilakukan juga pemantauan menggunakan satelit bon gove vulkanic ash  di Darwin, Australia. (has)