Mulai 10 Februari, KAI Rombak Jadwal Kereta Api

new malang pos
PT KAI mulai 10 Februari akan merombak jadwal perjalanan kereta api, termasuk yang berangkat dari Malang. (NMP-M.Mansyur)

NewMalangPos, MALANG – KA Jayabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru Malang mengalami perubahan jam keberangkatan. KA ini akan lebih awal keberangkatan dari jadwal biasanya.

Semula KA Jayabaya berangkat pukul 11.55 WIB, mulai 10 Februari akan berubah keberangkatnya menjadi pukul 11.50 WIB. 5 menit lebih maju dari sebelumnya. Ada juga yang berubah, hanya saja untuk kedatangnnya di Kota Malang. KA Malabar menuju Stasiun Bandung ini mengalami pengurangan waktu perjalanan sebesar 150 menit. Dari sebelumnya 16 jam, menjadi 13 jam dalam perjalanan. Hanya saja, untuk keberangkatan dari Stasiun Malang tetap pada jam 17.10 WIB.

“Ada perubahan beberapa KA di DAOP 8. Termasuk relasi Malang mulai berlaku pada 10 Februari. Waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat karena sebagian KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan,” kata  Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Minggu (7/2) kemarin.

Dijelaskannya,  hal ini dikarenakan KAI menggunakan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang baru ditetapkan jadwal terbarunya melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020, tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Dijelaskannya untuk KA Relasi Malang, KA Jayabaya (relasi Malang-Surabaya Gubeng-Surabaya Pasarturi-Pasarsenen) mengalami perubahan jam keberangkatannya lima menit dari jam keberangkatan sebelumnya.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Contohnya adalah terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2019 ke 2021,” terangnya.

Pada Gapeka 2021, beberapa jalur yang dilewati perjalanan KA jarak jauh yang tadinya tunggal sudah menjadi jalur ganda.  Di samping itu, terdapat peningkatan puncak kecepatan di berbagai lintas di Daop 8 Surabaya.

“Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tembuh perjalanan KA penumpang dan KA barang menjadi lebih singkat,” ujar Luqman.

Ditambahkannya, kepada calon penumpang kereta api dengan keberangkatan 10 Februari  dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket. Agar tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021. (ica/aim)