Ketahanan Jembatan Muharto 15 Tahun

NEW MALANG POS, MALANG – Wali Kota Malang Sutiaji menegaskan, kondisi jembatan Muharto sudah tidak bermasalah. Sehingga tidak perlu ada perbaikan kembali di APBD tahun 2021 mendatang. Meski kalangan anggota dewan mendesak agar jembatan Muharto dilakukan perbaikan secara permanen.

“Jembatan Muharto sudah diperbaiki. Sudah tidak ada masalah lagi,” kata Sutiaji.

Ia menjelaskan, perbaikan dan penguatan ketahanan jembatan yang sudah dilakukan 2019 lalu. Memiliki ketahanan hingga 15 tahun. Menurut Sutiaji perbaikan yang dilakukan sebelumnya masih bisa diandalkan untuk tidak dilakukan perbaikan total.  Meski begitu, tentang permintaan DPRD Kota Malang untuk merombak total juga dikatakannya tidak dapat dilakukan dalam waktu dekat.

“Kalau dalam waktu dekat ya tidak. Jembatan Kedungkandang juga masih dalam proses. Tetapi nanti pasti kita akan rancang dan proyeksikan rencana renovasi total. Nanti tapi tidak sekarang,” papar Sutiaji.

Mengenai hal ini, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan, hal tersebut sangat disayangkan. Pasalnya, legislatif menilai jembatan Muharto sangat penting untuk dilakukan renovasi total. Sama seperti Jembatan Kedungkandang.

“Kami inginnya itu, juga dipikirkan jauh-jauh hari. Karena kita tidak yakin bisa tahan lama. karena itu perbaikan sebelumnya hanya penguatan ditopang saja. Tetap nanti kita awasi terus dan dorong pemda memperhatikan jembatan ini,” pungkas Made. (ica/aim)