KAI Berlakukan Aturan Tidak Boleh Menelpon Saat Perjalanan

foto: Ipunk/Newmalangpos

NewMalangPos – Menelpon di angkutan umum menjadi larangan saat ini. Hal ini berdasarkan SE Satgas Penanganan Covid-19 No 5 Tahun 2021 yang baru saja diterbitkan.

SE ini mengatur beberapa tambahan terkait aturan penanganan covid-19. Salah satunya larangan menelpon di angkutan umum. Tepatnya dalam bagian F Ayat 2C. disebutkan bahwa pelaku perjalanan untuk moda darat, laut, perekeretapian hingga udara dilarang berbicara di telepon.

Aturan ini pun diberlakukan untuk moda keretapi. Termasuk di Kota Malang. Manager Humas PT KAI Daop 8 Suprapto menegaskan aturan ini sudah mulai diberlakukan.

“Betul. Penumpang kereta api kini tidak diperkanankan untuk bicara satu arah maupun dua arah melalui telepon. Atau secara langsung selama perjalanan menggunakan kereta api,” tegas Suprapto.

Pemberlakuan aturan ini mulai dilakukan sejak tanggal SE terbit yakni 26 Januari 2021. Ditegaskan Suprapto, meskipun penumpang menggunakan masker, aturan ini harus tetap dijalankan. Alias tetap tidak diperkanankan berbicara melalui telpon meskipun menggunakan masker tebal. (ica/ggs)