new malang pos
Masyarakat mendonorkan darahnya melalui roadshow donor darah di lima kecamatan Kota Malang yang digelar Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Malang. (NMP-Ruri)

NewMalangPos, MALANG – Untuk mengamankan stok darah di Kota Malang, Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Malang melakukan roadshow donor darah di lima kecamatan Kota Malang. PPDI akan mendatangi tiap kecamatan yang ada di Kota Malang hingga Februari mendatang.

Sekretaris PDDI Kota Malang Puryadi mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah mencari pendonor dengan sistem jemput bola. Disamping juga tetap menggelar donor darah di titik tertentu tiap bulan.

“Roadshow ini tujuannya membantu mengamankan stok darah di PMI Kota Malang. Istilahnya, jemput bola. Sebab saya dapat informasi, selama pandemi stok darah berkurang,” ujar Puryadi saat Roadshow di Kantor Kecamatan Blimbing, Rabu (13/1).

Puryadi memperkirakan penurunan jumlah pendonor darah tersebut memang tidak signifikan. Namun demikian tetap berpengaruh. Hal ini memang disinyalir karena adanya pandemi.

“Selama pandemi ini kan orang-orang yang biasa donor berkurang. Kebanyakan karena mengurangi aktivitas di luar rumah,” terang Puryadi.

Gelaran roadshow donor darah PDDI Kota Malang bekerjasama dengan PMI Kota Malang. Sehingga, pengambilan darah dari pendonor dilakukan oleh anggota Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang.

“Kami ini mitra PMI Kota Malang, secara teknis mereka yang melakukan pengambilan darah. Sementara kami menyelenggarakan. Sehingga, masyarakat yang tidak bisa melakukannya di kantor PMI bisa terfasilitasi,” jelasnya.

Selama roadshow digelar, PDDI Kota Malang menargetkan sebanyak 100 kantong darah dari tiap kecamatan. Untuk itu, Puryadi mengatakan pihaknya selalu aktif mengampanyekan donor darah pada masyarakat. Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak ragu mendonorkan darahnya, terutama bagi kalangan milenial.

“Generasi milenial ini penting untuk menjaga regenerasi pendonor darah. Sebab, pendonor saat ini terus bertambah umurnya,” pungkasnya. (ian/aim)