new malang pos
Petugas Samsat keliling melayani para wajib pajak yang membayar pajak tahunan kendaraannya. (NMP-RURI)

NewMalangPos, MALANG РSatuan Lalulintas (Satlantas) Polresta Malang Kota melakukan penyesuaian jam operasional pelayanan. Penyesuaian jam operasional pelayanan  dilakukan untuk mendukung penerapan PPKM di Kota Malang agar bisa berjalan lancar. Agar tidak terjadi kerumunan di kantor Satpas maupun Samsat.

“Untuk pelayanan masih tetap sampai jam 13.00 WIB, akan tetapi pelayanan kami ubah. Yakni pada pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB untuk pemohon SIM baru, uji praktek roda dua dan empat hingga uji teori. Jam 10.00 WIB hingga 13.00 WIB hanya untuk pemohon perpanjangan SIM,” ujar Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Ramadhan Nasution, kemarin.

Selain itu, lanjut Rama, pihaknya juga memberikan saran kepada masyarakat untuk memanfaatkan pelayanan lain, seperti di SIM Corner Plaza Araya guna membatasi kerumunan di kantor Satpas bagi para pemohon.

“Kami juga sudah imbau untuk masyarakat, pelayanan pada jam 14.00 WIB hingga 17.00 WIB ada di SIM Corner seperti di Plaza Araya. Dengan pembagian jam dan titip tempat pelayanan, masyarakat bisa terbagi dan tidak ada di satu titik tempat maupun jam. Ini dimaksudkan agar tak terjadi kerumunan di Satpas,” ungkapnya.

Untuk SIM Corner di Plaza Araya, lanjut Rama, hanya ditujukan bagi para pemohon perpanjangan SIM saja dan tidak bisa untuk pemohon SIM baru.

“Apalagi jika nanti dari Satpas kegiatannya sudah full, kami akan imbau masyarakat atau pemohon untuk bisa ke mall yang telah kita sediakan seperti di Plaza Araya,” katanya.

Sementara di kantor Samsat, untuk pengurusan Bea Balik Nama (BBN) I kendaraan baru dan cetak lima tahunan maupun ganti plat nomor akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Sedangkan untuk BBN II, yakni mutasi masuk, mutasi keluar dan balik nama, akan dibuka mulai jam 10.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Kemudian untuk perpanjangan pajak tahunan kendaraan, dapat dilakukan perpanjangan melalui Samsat Unggulan, yakni Drive Thru, Payment Point dan Samsat Keliling.

“Penyesuaian ini kita lakukan selama PPKM saja. Kalau untuk PSBB kemarin itu belum kita lakukan dan ini baru kita inovasikan agar bisa mencegah kerumunan,” katanya.

Rama menyebutkan masih ada masyarakat yang belum mengetahui perubahan jam tersebut di pelayanan Satpas. Oleh karenanya ia akan terus melakukan sosialisasi.

“Jadi tetap kita layani sembari kita sosialisasikan juga. Kebetulan saat ini juga sudah clear semua untuk penumpukan pemohon sisa tahun baru kemarin karena kita libur. Jadi saat ini sudah kembali normal dan masyarakat sudah sebagian besar tahu akan perubahan jam pelayanan. Jadi semoga ini juga efektif untuk menekan angka penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (ian/aim)