Gandeng Wakil Rakyat

new malang pos
Peserta musrenbang tetap mengikuti protokol kesehatan dengan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

NewMalangPos, MALANG-Demi meningkatkan potensi dan mengurangi persoalan di tengah masyarakat, Kelurahan Samaan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kantor Kelurahan Samaan, Jumat (22/1). Kegiatan Musrenbang yang dihadiri oleh seluruh lembaga kelurahan ini dalam rangka penyusunan rencana kerja RKPD tahun 2022.

Lurah Samaan Anang Setiawan S.Ap M.Si mengatakan, ada beberapa usulan pembangunan yang cukup mendesak untuk segera dilakukan di wilayah Kelurahan Samaan. Tak hanya fisik, namun juga nonfisik.

“Contoh yang mendesak untuk fisik, rabat ampyang dan perbaikan gorong-gorong. Yang nonfisik tentang pemberdayaan masyarakat ada sosialisasi, pelatihan, peningkatan kapasitas kelembagaan di wilayah samaan. Untuk kader Posyandu, Karang Werdha, karang taruna, LPMK dan lain lain,” ungkap Anang kepada New Malang Pos.

Selain itu, untuk pembangunan nonfisik juga telah diusulkan program pelatihan UMKM sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi. Hal ini sesuai juga dengan arah kebijakan Wali Kota Malang.

“Itu ada juga. Pelatihan tentang UMKM dalam hal ini adalah peningkatan kapasitas UMKM terkait pengetahuan IT-nya. Tentang pemasaran, teknis online, medsos dan sebagainya,” imbuhnya.

Anang menyebutkan, sebenarnya potensi UMKM yang ada di Kelurahan Samaan cukup besar. Namun, terkendala dengan masalah pemasaran yang dirasa belum maksimal.

“Ada handycraft dari ibu ibu rumah tangga dan industri jamu. Selama ini terkendala itu, belum maksimal pemasarannya karena dengan door to door. Jadi pas itu nanti yang akan kita wadahi di RKPD 2022,” ungkapnya.

Anang berharap, program yang diusulkan pada Musrenbang kali ini akan memberikan dampak dan manfaat yang besar kepada masyarakat khususnya warga Kelurahan Samaan. Bila ada program yang belum terakomodir di Musrenbang, Anang menyebut akan menggandeng wakil rakyat. Di Musrenbang ini juga dihadiri , Anggota Komisi B DPRD Bayu Rekso Aji dan Anggota Komisi A DPRD Gagah Soeryo Pamukti.

“Apa apa yang belum bisa diakomodir di musrenbang, harapannya bisa diakomodir oleh pokirnya anggota dewan yang telah berkomunikasi baik dengan kita dan mereka siap menyukseskan Samaan menuju lebih baik lagi,” pungkasnya. (ian/jon)