Bantuan Produktif UMKM Dilanjut 2021

NewMalangPos, MALANG – UMKM yang ada di Kota Malang patut bergembira karena pemerintah akan kembali menyalurkan bantuan produktif untuk UMKM. Kepastian adanya bantuan produktif untuk modal sebesar Rp 2,4 juta tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Wahyu Setianto, Rabu (16/12) kemarin.

Besaran bantuan tersebut masih belum ditentukan. Bisa sama dengan sebelumnya atau bisa juga ada perubahan jumlah nominalnya.

“Saya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Insya Allah ada lagi bantuan produktif. Besarannya masih dilakikan evaluasi di pusat,” jelas Wahyu kepada New Malang Pos.

Diungkapkan Wahyu, evaluasi tersebut harus dilakukan karena di beberapa daerah di Indonesia ditemukan adanya ketidaksesuaian. Beruntung di Kota Malang tidak sampai terjadi hal tersebut.

“Cara penyalurannya juga ada evaluasi. Karena dibeberapa daerah itu ada yang laporan UMKM itu ada pengepulnya, dikumpulkan, pada waktu cair itu yang mengurusi pengepulnya dan yang tidak bagusnya tidak menerima Rp 2,4 juta, tapi ada yang Rp 700 ribu ada yang Rp 500 ribu. Alhamdulillah di Kota Malang tidak ada yang seperti itu,” tandasnya.

Wahyu pun bersyukur bantuan produktif dapat kembali berjalan. Ini karena bantuan produktif memang dinilainya sangat diperlukan oleh UMKM di Kota Malang yang notabene saat ini masih dalam masa pemulihan.

“Karena pandemi Covid-19 ini perkiraan di 2021 masih belum hilang. Termasuk yang paling terdampak adalah UMKM. Makanya kita dorong terus,” ujarnya.

Disamping itu, Wahyu juga akan terus melakukan pendataan UMKM yang ada di Kota Malang. Salah satu tujuannya agar UMKM juga bisa mendapatkan akses bantuan pemerintah.

“Kemarin yang sudah terdaftar ada sekitar 28 ribu UMKM. Kemarin kita sekalian pemutakhiran data. Data kita 2019 kan masih kisaran 8 ribu. Sekarang hampir 3 kali lipat,” ungkapnya. (ian/aim)