Angkat Jukir Jadi TPOK di Area E-Parking

new malang pos
Kadishub Kota Malang Handi Priyanto memberikan pengarahan kepada Tenaga Pembantu Operasional Kegiatan (TPOK) yang telah mengikuti pembekalan.

NewMalangPos, MALANG – Janji Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang untuk mempekerjakan juru parkir (Jukir) yang digunakan e-parking sudah mulai dilakukan. Sebanyak tujuh orang  Jukir di area Stadion Gajayana sudah direkrut dan dilatih sebagai Tenaga Pembantu Operasional Kegiatan (TPOK). Mereka mendapat gaji sesuai dengan UMK Kota Malang.

Sebelumnya TPOK yang direkrut tahun 2020 tersebut telah menerima materi tentang cara mengoperasikan alat e-parking yang tersedia di pintu masuk Stadion Gajayana. TPOK ini akan ditempatkan di area e-parking. Pada 11-12 Januari kemarin, sudah melakukan uji coba.

“Saat ini baru satu e-parking yang terpasang di pintu masuk Stadion Gajayana. Kami akan segera memasang e-parking di halaman Gedung Kartini dan Block Office di Arjowinangun,” kata Kepala Bidang Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Mustaqim Jaya kepada New Malang Pos, kemarin.

Setidaknya TPOK yang direkrut pada 2020 dan selesai mengikuti orientasi ini dapat beradaptasi dan bisa membantu teman-temanya yang lain. Dishub rencananya juga merekrut TPOK di tahun 2021 ini untuk membantu operasional parkir di area e-parking yang berada di Kota Malang lainnya.

“Untuk TPOK 2021 akan segera kami siapkan dengan kompetensi yang sama, dan segala terkait pengoperasian mesin dan penanganan apabila terjadi kerusakan,” ujar mantan lurah Sawojajar ini.

Dijelaskannya, Dishub akan memperbanyak TPOK sesuai dengan kebutuhan di lapangan.Dia berharap nantinya semua juru parkir yang berada di area e-parking dan tempat parkir yang dikelola oleh pemerintah dapat dikontrak menjadi TPOK Dishub.

“Harapannya semua teman-teman juru parkir yang berada di area e-parking akan menjadi TPOK di Dishub. Bisa membantu kami di tempat-tempat parkir yang dikelola pemerintah,” lanjut dia.

Ditambahkannya, jam kerja dari TPOK untuk area e-parking terbagi tiga shift. Shift satu pukul 06.00 WIB – 15.00 WIB, shift kedua 15.00 WIB – 22.00 WIB, dan shift ketiga dari pukul 22.00 WIB – 06.00 WIB. Setiap TPOK nantinya juga akan di-rolling dengan TPOK lainnya dan ditempatkan bergantian di masing-masing shift. (dj7/aim)