80 Faskes Siap Layani Vaksinasi Covid-19

new malang pos
Puskesmas Kendal Kerep salah satu Faskes di Kota Malang yang siap melakukan vaksinasi Covid-19 yang akan di mulai Februari mendatang. (NMP-M.Mansyur)

NewMalangPos, MALANG – 80 fasilitas kesehatan (Faskes) di Kota Malang siap menjadi tempat vaksinasi Covid-19. Dari 80 Faskes itu antara lain, 16 puskesmas, 24 rumah sakit dan 40 klinik di Kota Malang yang lengkap dengan vaksinatornya.

Seperti diketahui seluruh puskesmas di Kota Malang sebanyak 16 menjadi tempat vaksinasi yang sudah disiapkan. Beserta dengan vaksinatornya yang sudah dilatih. Masing-masing Puskesmas ada 5 vaksinator.

“Puskesmas menjadi salah satu faskes utama yang dipersiapkan untuk vaksinasi massal tahap awal bagi masyarakat. Karena berada dan tersebar di seluruh kecamatan hingga sebagian kelurahan yang ada,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Sri Winarni kepada New Malang Pos.

Dijelaskannya, untuk rumah sakit diutamakan rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kota Malang, diantaranya RS Saiful Anwar, RSUD Kota Malang, RS Lavalette, RST Sorproen, RS Hermina, RSI Unisma dan lainnya.

“Masing-masing rumah sakit juga sudah disiapkan vaksinator,” tandas perempuan yang juga menjabat sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Malang ini.

Ia mengatakan, klinik resmi Kota Malang juga dilibatkan untuk menjadi lokasi vaksinasi. Meski begitu belum dapar dijabarkan lokasi klinik mana saja yang nantinya bisa memberikan layanan vaksin tersebut.

Hingga saat ini masing-masing lokasi juga masih ditentukan jumlah vaksin yang akan didrop di masing-masing lokasi. Pasalnya data penerima vaksin di Kota Malang juga masih terus di update.

“Intinya ini menyiapkan lokasi vaksinasinya untuk dilaksanakan Februari mendatang,” tandasnya (ica/aim)