48 Warga Jawa Timur Korban Gempa Mamuju Dipulangkan

Newmalangpos

NewMalangPos, Kabupaten Malang – 48 orang warga Jawa Timur korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat tiba di Lanud Abdul Rachman Saleh, Kabupaten Malang. Pesawat Hercules A-1303 yang membawa mereka mendarat pada pukul 12.28 WIB.

Begitu turun dari pesawat, mereka langsung disemprot disinfektan, kemudian melakukan tes swab antigen. Warga juga mendapatkan bantuan berupa sembako, susu, makanan berat, dan makanan ringan dari Aksi Cepat Tanggap Kota Malang sembari menunggu arahan selanjutnya.

Warga Jawa Timur yang dipulangkan dari Kabupaten Mamuju didominasi oleh warga asal Kabupaten Lamongan sebanyak 38 orang. Selain itu, ada warga Kabupaten Tuban 4 orang, Kabupaten Gresik 4 orang, dan Kabupaten Lumajang 2 orang.

Semuanya langsung diberangkatkan hari ini menuju kampung halaman masing-masing. Warga asal Tuban, Gresik, dan Lumajang diantar langsung ke rumah mereka menggunakan kendaraan yang difasilitasi oleh Dinas Sosial Jawa Timur.

“Khusus dari Lamongan kami siapkan armada besar, tetapi tidak sampai ke rumah masing-masing. Untuk itu, saya sudah koordinasi dengan kepala dinas Lamongan untuk diturunkan di sana, lalu selanjutnya mereka yang mengantar,” ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Alwi.

Sayib (49 tahun), warga Lumajang yang menjadi korban gempa bumi di Mamuju menyatakan kelegaannya setelah sampai di Jawa Timur. Ia dan istrinya akan menetap sementara di rumah orang tuanya di Lumajang.

“Saya akan kembali lagi ke Mamuju apabila situasi di sana sudah aman atau tidak ada lagi kabar-kabar menakutkan,” ujarnya kepada New Malang Pos. (dj8/ggs)