2021 Fokus Kota Ramah Lansia

NEW MALANG POS, MALANG – Kesehatan para lansia di Kota Malang menjadi perhatian penting bagi pemerintah. Meski harus vakum selama pandemi, Karang Werdha sebagai wadah untuk pembinaan dan pemberdayaan Lansia akan melanjutkan kembali program kerjanya.  Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak kegiatan di Karang Werdha dibatalkan.

“Banyak kegiatan Lansia yang harusnya dilakukan tapi tidak bisa dilakukan karena pandemi. Meski tidak bisa dilakukan, Lansia harus tetap sehat. Seperti rutin ikut kegiatan senam pagi dan displin menerapkan protokol kesehatan,” kata Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang juga Penasehat Komisi Daerah Kota Malang saat Fasilitasi Kegiatan Karang Werdha, di Aula Dinsos Kota Malang, Selasa (3/11) kemarin.

Bung Edi sapaan akrabnya berharap, bisa segera mewujudkan Kota Malang sebagai kota ramah Lansia. Setiap kelurahan terdapat fasilitas yang mendukung kegiatan para Lansia.

“Apa parameternya?, ada sarana sarana yang mendukung bagaimana Lansia aktivitas dengan baik. Contoh taman Lansia, ada juga kegiatan yang secara periodik dilakukan seperti senam dan kemudian juga silaturahmi juga penting. Bagi Lansia ini adalah obat, karena bertemu dengan teman-temannya yang seusia,” jelasnya.

Hal ini juga senada juga disampaikan Kepala Dinsos P3AP2KB Kota Malang, Penny Indriani. Dia telah berkomitmen pada 2021 akan menggeber program kerja yang sebelumnya tidak dapat dilakukan.

“Karena pandemi, jadi sementara sedikit vakum kegiatan di Karang Werdha. Selama ini kami hanya bisa sosialisasi tentang 3M untuk protokol kesehatan. Di 2021 kita akan bangkit memulai lagi. Kita fokuskan agar Kota Malang bisa terwujud kota ramah lansia,” ungkap Penny. (mp3/aim)