Truk Unimog S404 Lengkapi Koleksi Military Corner

New malang Pos
Unimog S404, truk yang dikembangkan Mercedes Benz jadi koleksi baru Musuem Angkut Batu

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Museum Angkut (Musang), Kota Batu kembali memamerkan koleksi barunya. Koleksi tersebut adalah truk multifungsi Unimog S404. Truk yang dikembangkan Mercedes Benz ini di datangkan pada bulan lalu untuk melengkapi Military Corner.

Koleksi itu memperkaya untuk edukasi pada wisatawan terkait kendaraan militer. Assisten Manager Bagian Promo dan Marketing Museum Angkut, Nunuk Liontin mengatakan, truk ini nanti akan menjadi salah satu koleksi di Military Corner. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 50 persen.

“Setelah Unimog S404 ini. Manajemen akan mendatangkan tujuh kendaraan militer lengkap dengan perlengkapan militer lainnya dan akan dipajang di Military Corner,” ujar Nunuk kepada New Malang Pos, Jumat (21/8) kemarin.

Ia menerangkan, Unimog S404 merupakan truk yang di produksi setelah perang dunia kedua. Truk ini memiliki bobot setidaknya sekitar 1,5 ton.

“Truk ini datangkan langsung dari Jerman. Unimog S404 terkenal sebagai kendaraan All Road yang tangguh di segala medan,” bebernya.

Dijelaskannya, awalnya truk ini dirancang untuk mengangkut hasil pertanian dan hasil hutan. Namun karena reputasinya yang mentereng dan kemampuan bermanuver di segala medan, membuat kendaraan ini digunakan sebagai operasional militer.

“Dengan fungsi kendaraan yang bisa menjamah tempat yang tidak bisa digapai oleh kendaraan konvensional. Truk ini hampir lebih digunakan oleh 30 negara sebagai kendaraan mobiling dan rescue,” imbuhnya.

Kedepannya Museum Angkut bakal terus menambah koleksinya. Mengingat selama ini sudah terkenal dengan ratusan koleksi kendaraan bergaya vintage classic dari berbagai benua.

Perlu diketaui, museum angkut ini merupakan museum terbesar se-Asia Tenggara. Koleksi Museum Angkut tergolong cukup fantastis. Ada sekitar 500an koleksi. Meliputi 300an berupa koleksi mobil dan 200an lainnya adalah transportasi lain. (eri/aim)