Segera Bentuk Pansel Seleksi Direktur BWR

new malang pos
Toko Rakyat di Desa Sidomulyo Kecamatan Batu jadi salah satu usaha di bidang perdagangan milik BWR Kota Batu. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

NewMalangPos, KOTA BATU – Masa jabatan Direktur Batu Wisata Resource (BWR) Kota Batu Bagyo Prasasti Prasetyo yang merupakan BUMD Pemkot telah berakhir. Artinya dalam waktu dekat Pemkot Batu bakal membentuk pansel untuk melakukan seleksi bagi pengurus baru.

Meski masa jabatan telah berakhir, Bagyo masih diperpanjang jabatannya sekitar empat bulan ke depan. Alasannya karena menunggu SK Pansel untuk pendaftaran Direktur BWR baru. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Ekonomi dan Sumberdaya Alam Santi Restuningsasi.

“Masa bhakti direktur BWR sudah rampung sejak 18 Januari 2021. Namun untuk penjaringan pansel SK masih diproses di bagian hukum. Dengan begitu untuk mengisi kekosongan sementara (direktur.red) masih dijabat oleh Bagyo,” ujar Santi kepada New Malang Pos.

Ketika seleksi dibuka, sesuai ketentuan siapa saja yang mau dan yang mampu dalam bidang usaha BUMD bisa mendaftar. Utamanya yang profesional dan berkopenten didalam mengelola BUMD.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Kota Batu Heli Suyanto menyampaikan terkait rencana eksekutif akan membentuk pansel pendaftaran kepengurusan BWR. Pihaknya meminta agar BWR juga menyampaikan laporan pertanggung jawaban selama masa bhaktinya ke legislatif yang ikut menyetujui penyertaan modal

“Terkait laporan pertanggung jawaban BWR kami belum terima. Kami harap sebelum dilakukan seleksi pendaftaran legislatif juga diberi laporan keuangan selama masa lima tahun lalu,” bebernya.

Menurutnya Heli, pertanggung jawaba laporan keuangan BUMD penting untuk dibuka. Agar diketahui apakah BUMD ini merugi atau mendapat untung. Mengingat penyertaan modal yang diberikan selama lima tahun mencapai Rp 7 miliar.

“Oleh karena itu dalam waktu dekat kami akan minta laporan pertanggungjawaban ke BWR. Tak hanya BWR, kami juga akan minta pertanggungjawaban BUMD lainnya seperti ATV dan Perumdam,” paparnya. (eri/jon)