Pandanrejo Target Desa Wisata Mandiri

new malang pos
Fasilitas ATV lengkap dengan track bisa dinikmati di Lumbung Strowberi Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (NMP/KERISDIANTO)

NewMalangPos, KOTA BATU – Dinas Pariwisata Kota Batu terus memoles potensi di tiap desa wisata yang ada di Kota Batu. Kali ini dan yang terbaru, potensi desa wisata yang dipoles adalah Lumbung Stroberi yang menjadi potensi wisata pertanian di Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan wisata Lumbung Stroberi yang dikelola oleh Bumdes Raharjo ini telah booming sejak tahun 2018 lalu menjadi salah satu desa wisata kategori maju di Kota Batu. Sehingga manjadi prioritas Disparta untuk dibantu fasilitasnya.

“Lumbung Stroberi jadi desa wisata yang masuk kategori maju. Pasalnya telah mampu menarik wisatawan datang. Karena itu kami bantu fasilitas agar bisa dikelola dengan baik dan dikembangkan. Fasilitas yang kami support adalah pembuatan wahana untuk track ATV (All Terrain Vehicle),” ujar Arief kepada New Malang Pos, Kamis (4/2) kemarin.

Ia menerangkan, dengan bantuan fasilitas diharap Bumdes Raharjo selaku pengelola bisa menghidupi dirinya sendiri tanpa tergantung dari pemerintah nantinya. Untuk kemudian bisa masuk menjadi desa wisata kategori mandiri.

“Bantuan fasilitas lainnya dalam waktu dekat adalah play ground dan taman bunga. Dengan begitu, wisatawan yang datang tak hanya mendapatkan edukasi dan menikmati produk olahan stroberi. Tapi juga menikmati permainan dan spot foto yang instagramable,” terang mantan kepala DLH Kota Batu ini.

Sementara itu, Marketing Lumbung Stroberi Rifki Nur Ardian mengatakan bahwa sangat terbantu dengan adanya fasilitas baru dari Disparta. Hal itu menjadi nilai tambah daya tarik wisata di tempatnya.

“Dengan tambahan fasilitas ini kami akan lebih bisa menjual potensi yang ada. Secara tak langsung akan mendatangkan wisatawa lebih banyak lagi nantinya. Artinya pemasukan bagi bumdes dan masyarakat sekitar,” paparnya.

Rifki menerangkan, agar desa wisata bisa bersinar dan tak kalah dengan wisata buatan lainnya. Pemerintah Desa Pandanrejo ke depan akan menyempurnakan wisata Lumbung Stroberi sebagai destinasi wisata yang terintegrasi dengan tempat-tempat wisata yang ada di Desa Pandanrejo.

“Ke depan pemdes akan menyempurnakan lagi konsep desa wisata di Pandanrejo. Yaitu dengan mengintegrasikan paket wisata antar tempat wisata yang ada di Pandanrejo. Mengingat potensi wisata disini masih banyak yang belum tereksplore,” bebernya.

Ia menerangkan potensi tempat wisata yang ada di Pandanrejo sangat banyak. Mulai dari wisata petik stroberi, taman dolan, donat boat, Coban Lanang, serta wisata kuliner Kali Lanang.

Kemudian, pengembangan wisata terintegrasi tingkat desa akan ditindak dilanjuti di tingkat Kecamatan Bumiaji. Sehingga wisatawan bisa menikmati paket wisata yang ada di Desa Pandanrejo pada khususnya dan Kecamatan Bumiaji pada umumnya. (eri/jon)