Kejari Kota Batu Gelar Baksos hingga Tuntaskan 109 Perkara Melalui Sidang Online

New Malang Pos
Puncak perayaan Hari Bhakti Adyaksa, Kejari gelar upacara virtual Rabu (22/7)

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Perayaan Hari Bhakti Adyaksa ke 60 dilaksanakan dengan sederhana oleh Kejari Kota Batu Rabu (22/7) kemarin. Tidak seperti pada perayaan-perayaan sebelumnya, kali ini kegiatan dilakukan secara virtual.

Kasubag Pembinaan Kejari Kota Batu, Devi Eko Setiawan S.H mengatakan berbagai perlombaan dan kegiatan digelar untuk menyemarakkan Hari Bhakti Adyaksa. Namun karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19 kegiatan dilaksanakan secara virtual.

“Untuk perayaan Hari Bhakti Adyaksa kali ini digelar sederhana. Mulai dari bakti sosial, lomba, ziarah, dan upacara secara virtual,” ujar Eko kepada New Malang Pos, kemarin.

Ia menerangkan, untuk bakti sosial dilakukan di Panti Asuhan Ar Ridwan, Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Sesuai tema peringatan tahun ini ‘Terus Bergerak dan Berkarya’, kegiatan sosial tersebut untuk mendekatkan diri jajaran kejaksaan kepada masyarakat dan membantu masyarakat sebagai bentuk empati kepada sesama di tengah pandemi Covid-19.

“Karena pandemi, acara peringatan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Terutama di puncak acara hanya menggelar upacara virtual berpusat di Kejagung RI. Selain acara tabur bunga di TMP dan beberapa lomba secara internal,” terangnya.

Sementara itu, Kasi Pidana Umum (Pidum) Kejari Batu, Bambang Eka Jaya menambahkan selama pandemi Covid-19,  Kejari telah menuntaskan perkara tindak pidana umum melalui persidangan online. Dari data per 1 Juli 2020 hingga 20 Juli 2020 terdapat 109 perkara.

Kemudian untuk Tahap II online per Maret 2020 hingga Juli 2020 sebanyak 81 perkara yang telah dituntaskan. Perkara yang telah disidangkan tersebut meliputi tindak pidana umum seperti pencurian, narkoba, dan lainnya yang sudah dilimpahkan ke PN dan sudah mendapat penetapan sidang dari hakim.

“Beberapa perkara yang kami sidangkan meliputi pencurian, narkoba, dan sebagainya. Semua perkara telah kami tuntaskan. Saat ini sidang masih tetap berjalan,” terangnya. (eri/adv/jon)