Jalan Ir. Soekarno Segera Diperlebar

new malang pos
Drainase di Jalan Ir. Soekarno Kota Batu bakal ditutup box culvert untuk pelebaran jalan dalam mengatasi kemacetan dengan menggunakan dana APBN. (NMP-MUHAMMAD FIRMAN)

NewMalangPos, KOTA BATU – Kenaikan volume kendaraan saat hari libur di Kota Wisata Batu tak bisa terelakkan. Saat pergantian tahun 2020-2021 kendaraan yang masuk ke Kota Batu tercatat hingga 500 ribu kendaraan dan berdampak kemacetan di jalur utama seperti Jalan Ir. Soekarno.

Menindak lanjuti hal tersebut, ajuan pelebaran Jalan Ir. Soekarno oleh DPUPR Kota Batu telah disetujui oleh Pemprov Jatim. Bahkan usulan pelebaran jalan provinsi itu masuk dalam prioritas Perpres 80 tahun 2019 tentang Pelebaran Jalan Pendem Batu yang dianggarkan Rp 75 Miliar dengan sumber dana APBN.

Ia menerangkan, pelebaran jalan dilakukan dengan cara memasang box culvert di satu sisi jalan sebelah timur. Nantinya box culvert akan digunakan untuk menutup saluran drainase dan digunakan sebagai jalan.

“Jadi nanti akan ada empat lajur dari dua jalur utama. Dengan adanya pelebaran jalan diharap jadi solusi kemacetan yang sering terjadi,” terang ketua PII Kota Batu ini.

Pelebaran jalan dengan panjang sekitar dua kilometer tersebut akan dilelang tahun ini. Dengan leading sektor Kementerian PUPR. Sedangkan DPUPR Kota Batu melakukan support seperti data-data yang dibutuhkan dan monitoring.

Sebelumnya ditegaskan oleh Gubernur Jawa Timur Dra. Khofifah Indar Parawansah M.Si bahwa mengembangkan potensi wisata di Malang Raya, khususnya Kota Batu dengan memprioritaskan pembangunan box culvert di Jalan Ir. Soekarno.

Dalam kunjungannya ke Kota Wisata Batu lalu, ia menyampaikan bahwa pembangunan berbasis kawasan wisata adalah sebuah kebutuhan. Khususnya di Malang Raya yang merupakan satu entitas. Karena itu satu sama lain harus saling memberikan support.

“Kami sudah komunikasikan terkait pelebaran di Jalan Ir. Soekarno menggunakan box culvert kepada Pak Presiden dan Kementerian PUPR. Mengingat pembangunan ring road berbasis kawasan (KEK Singosari.red) menjadi kebutuhan,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan adanya KEK saat ini sektor pariwisata mampu memicu pertumbuhan dan pemerataan ekonomi. Salah satunya di Kota Batu yang mampu menurunkan angka kemiskinan dari sektor pariwisatanya.

Karena itulah, Khofifah menyampaikan bahwa sedikit lagi pelebaran Jalan Ir Soekarno dengan box culvert akan segera direalisasikan.

“Insya Allah ini tinggal sedikit lagi. Karena teman-teman di Malang Raya menjadi perhatian Pak Presiden karena Malang Raya memiliki potensi wisata,” bebernya. (eri/jon)