Dropping Vaksin Kedua, 1550 Nakes Kota Batu Belum Dapat Jatah

new malang pos
Vaksinasi bagi nakes di Kota Batu diharapkan mampu mencegah adanya penularan Covid-19 sementara waktu. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

NewMalangPos, KOTA BATU – Dropping kedua vaksin Covid-19 untuk Kota Batu dari Dinkes Provinsi Jatim kembali datang Jumat (29/1) kemarin. Totalnya ada 1840 vaksin untuk 920 Nakes.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu dr. Susana Indahwati menyampaikan bahwa dropping vaksin Covid-19 kedua akan mulai didistribusikan setelah dropping pertama habis.

“Segera setelah alokasi pertama habis, langsung dikirim alokasi kedua. Tepatnya 2 Februari semua vaksin tersalurkan,” ujar Susan kepada New Malang Pos, Jumat (29/1) kemarin.

Lebih lanjut, ia menerangkan selama dua hari ini sudah ada 269 Nakes yang telah divaksin. Untuk hari pertama (28/1) seluruhnya termasuk rumah dinas sejumlah 124, namun yang batal lima orang karena kondisi kesehatan. Sehingga ada 119 orang yang divaksin.

Untuk hari kedua kemarin (29/1) ada 150 nakes yang telah divaksin. Dari lima Puskesmas dan satu RS yang melayani vaksinasi.

“Dengan datangnya vaksin tersebut, masih ada kekurangan bagi 1550 nakes. Dari total yang didaftarkan 2043 nakes,” beber ketua IDI Kota Batu ini.

Agar cepat selesai, pihaknya juga kejar terget vaksinasi Nakes di RS. Vaksinasi akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu juga. Kemudian tanggal 2 Februari sudah harus selesai tahap pertama.

“Kemudian untuk suntikan keduanya dimulai 11 Februari. Begitu juga untuk laporan kejadian pasca vaksinasi juga belum ada,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko M.Si meminta agar seluruh Nakes bisa tercover vaksinasi. Mengingat nakes jadi garda terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

“Kami harap seluruh Nakes bisa ikut vaksin. Meskipun masih banyak kekurangan. Tapi setidaknya tahap pertama di termin kedua suda mulai dilaksanakan di Kota Batu,” pungkasnya. (eri/jon)