Dapat Hibah Rp 400 Juta, PMI Bangun UDD

new malang pos
Fasilitas UDD sangat dibutuhkan oleh PMI Kota Batu mengingat banyak warga Kota Batu yang rutin donor darah. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

NewMalangPos, KOTA BATU – PMI Kota Batu mendapat anggaran dari dana hibah Pemerintah Kota Batu pada tahun 2021 dalam menjalankan Unit Donor Darah (UDD) berupa dana pembelian reagen dan bahan habis pakai serta operasional yang lainnya. Total hibah yang didapat PMI Kota Batu untuk tahun ini sejumlah Rp 400 juta.

Ketua PMI Kota Batu Ir. Punjul Santoso M.M mengatakan bahwa saat ini organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan di Kota Batu bakal meningkatkan fasilitasnya. Utamanya UDD yang sampai saat ini PMI Kota Batu belum memilikinya.

“Kami usahakan untuk tahun ini fasilitas UDD bisa terealisasi. Mengingat untuk Kota Batu tercatat ada 1705 orang yang aktif mendonorkan darah,” ujar Punjul kepada New Malang Pos, Jumat (5/2).

Selain itu, UDD sangat penting dimiliki Pemkot Batu.  Pasalnya juga banyak warga di Malang Barat yang mencari darah untuk kesehatan (donor darah.red) maupun untuk keselamatan pasien.

“Karena itu kami telah melakukan MoU dengan PMI Kabupaten Malang yang di tindaklanjuti kerja sama dengan UDD Kabupaten Malang terkait pelatihan tenaga PTTD yang akan di pekerjakan di UDD Kota Batu,” imbuhnya.

Kemudian beberapa kerja sama lainnya adalah peralatan yang dipinjamkan ke UDD Kota Batu, melakukan MoU dengan Politeknik Kemenkes Malang terkait tenaga magang mahasiswa Program Studi Teknologi Bank Darah (TBD).

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Batu untuk menyiapkan tempat untuk laboratorium dan proses pelayanan darah. Juga melakukan koordinasi dengan rumah sakit dan Puskesmas yang ada diwilayah Kota Batu.

“Karena itu PMI Kota Batu akan melakukan penjaringan atau penerimaan tenaga untuk UDD.  Melakukan sosialisasi ke rumah sakit dan pelayanan kesehatan lainnya yang berada di wilayah Kota Batu dan Malang bagian barat dan masyarakat tentang keberadaan UDD PMI Kota Batu,” beber Wakil Wali Kota Batu ini.

Sebelumnya, Anggota Komisi C DPRD Kota Batu Sujono Djonet mengatakan bahwa selain UDD, PMI Kota Batu diharapkan mendapat fasilitas tambahan seperti mobil ambulance. Mengingat PMI selama ini menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan.

Utamanya ketika terjadi bencana alam, kebakaran, kecelakaan dan tugas terbaru adalah ikut memakamkan jenasah yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami harap untuk fasilitas bagi PMI bisa ditingkatkan. Ini kami sampaikan untuk menyikapi kondisi di lapangan. Apalagi saat ini ada tambahan tugas untuk penanganan pandemi Covid-19,” pungkasnya. (eri/jon)