Bina Atlet Usia Dini, Gelar Festival SSB

Askot PSSI Kota Batu

NEW MALANG POS, KOTA BATU – Askot PSSI Kota Batu menggelar Festival Sekolah Sepak Bola (SSB) se Kota Batu bagi usai dini kategori U-10 dan U-12 di Stadion Brantas, Kota Batu Kamis (26/11) kemarin. Pada ajang yang ditujukan untuk mencari bibit atlet sepak bola usia dini ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Batu Ir. Punjul Santoso M.M.

Punjul sekaligus ketua Askot PSSI Kota Batu ini menyampaikan bahwa festival sepak bola usia dini yang diikuti oleh seluruh SSB se Kota Batu ini merupakan bagian program pembinaan atlet usia muda. Serta sebagai pencanangan bagi Askot/Askab bahwa program pembibitan SSB wajib digelar di masing-masing Askot/Askab di seluruh Indonesia.

“Tujuan festival ini untuk memberikan kegiatan yang positif di tengah pandemi Covid-19 ini. Kegiatan ini juga mampu untuk meningkatkan imun tubuh bagi generasi muda. Selain untuk mencari atlet usai dini yang berbakat,” ujar Punjul kepada New Malang Pos.

Lebih lanjut, Festival SSB se Kota Batu juga sebagai wadah mengimplementasikan hasil kursus wasit lisensi C dan kursus pelatih lisensi D yang baru saja diadakan Askot PSSI Kota Batu. Dengan begitu, kegiatan tersebut menjadi momen baik bagi wasit dan pelatih untuk menerapkan ilmu yang baru saja didapat.

“Kami ucapkan selamat pada wasit dan pelatih yang telah meraih lisensi. Kami juga berharap ada pembinaan dan penataan yang serius bagi SSB untuk memanfaatkan Festival ini untuk membentuk para atletnya menjadi atlet profesional ke depan. Begitu juga Askot PSSI wajib melakukan pembinaan pada SSB se Kota Batu,” paparnya.

Sementara itu Ketua Koni Kota Batu Drs. Mahfud menambahkan bahwa Festival SBB se Kota Batu merupakan komitmen yang telah dijalankan Askot PSSI Kota Batu dalam menjalankan programnya. Dalam hal ini adalah pembinaan bagi atlet usia dini.

“Sepak bola usia dini merupakan kegiatan pemasalan. Selanjutnya setelah pemasalan, anak-anak akan memasuki era pembibitan. Bibit unggul, talenta unggul yang terpilih dalam sepak bola akan dibina untuk meningkuti program selanjutnya mewakili Kota Batu di even nasional hingga internasional,” terangnya.

Karena itu ia berharap para atlet muda di Kota Batu bisa termotivasi oleh pendahulunya seperti Ahmad Bustomi, Arief Suyono, hingga Alm Puji Purnawan yang pernah mewakili Indonesia di olimpiade sepak bola.

Dalam Festival SSB se Kota Batu ini diikuti oleh 12 tim dengan kategori U-10, U-12 dan sepak bola putri. Pertandingan digelar selama dua hari (26-27/11) menggunakan sistem setengah kompetisi dengan total 86 pertandingan. (eri/jon)