Bangun Gedung Parkir di Sekitar Alun-alun

new malang pos
Areal Alun-Alun Kota Batu menjadi keramaian jadi daerah macet setiap akhir pekan dan hari libur. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

NEW MALANG POS, KOTA BATU-Kemacetan di pusat-pusat keramaian seperti Alun-Alun Kota Batu kerap jadi persoalan dan menganggu arus lalu lintas. Utamanya saat memasuki musim liburan atau akhir pekan. Melihat hal tersebut Dinas Perhubungan Kota Batu berusaha untuk mengurai permasalahan dan mencari solusi yang ada.

Salah satunya Dishub berencana untuk melakukan pembangunan gedung parkir di aset milik Pemkot yang ada di sekitar Alun-Alun Kota Batu.

“Untuk mengurai kemacetan lalin akibat padatnya kendaraan di sekitar Alun-Alun Kota Batu. Kami sudah merencanakan untuk pembangunan gedung parkir di lahan milik Pemkot Batu degan luas sekitar 3000 meter persegi. Gedung akan dibangun setinggi tiga lantai,” ujar Kepala Dishub Kota Batu Imam suryono kepada New Malang Pos, Selasa (26/1) kemarin.

Ia menerangkan bahwa pihaknya telah menganggarkan kajian terkait pembangunan gedung parkir sekitar Rp 100 juta tahun ini. Kemudian untuk pembangunan fisik diharapkan berjalan pada tahun 2022.

“Kalau untuk pembangunan fisik anggaran belum diketahui kebutuhannya. Karena masih menunggu hasil kajian dan perencanaannya. Tapi yang jelas nantinya gedung parkir akan menampung 1000 kendaraan dengan lantai satu dan dua untuk parkir roda empat dan parkir tiga diperuntukkan roda dua,” bebernya.

Menurutnya pembangunan gedung parkir sangat penting dilakukan. Mengingat kepadatan wisatawan rata-rata ketika akhir pekan terjadi di alun-alun. Nantinya Dishub juga bakal melakukan sosialisasi dan koordinasi lebih lanjut, khususnya bagi PKL terdampak.

Lebih lanjut, dengan wacana gedung parkir diharapkan mampu mendongkrak PAD Kota Batu khususnya di sektor retribusi parkir. Apalagi dengan potensi wisatawan dan retribusi parkir tahun ini ditarget Rp 8,5 miliar.

Sementara itu, Anggota Komisi C DPRD Kota Batu Didik Machmud menanggapi wacana Dishub Kota Batu untuk pembangunan gedung parkir cukup positif. Meskipun diakuinya bahwa rencana itu belum disampaikan di APBD 2021.

“Belum tahu terkait hal tersebut. Bahkan di APBD 2021 juga belum ada. Namun yang jelas kami mendukung jika berdampak positif pada peningkatan PAD Kota Batu,” bebernya.

Selain itu, Didik meminta ketika pembangunan gedung parkir benar-benar direalisasikan. Jauh sebelum itu Dishub Kota Batu juga harus melakukan sosialisasi terkait hal tersebut. (eri/jon)