Antisipasi Membludak, Kota Batu Tambah Shelter

new malang pos
Hotel Mutiara Baru sampai saat ini masih digunakan untuk isolasi pasien Covid-19 di Kota Batu. (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

NewMalangPos, KOTA BATU – Angka positif Covid-19 terus bertambah setiap hari. Rata-rata penambahan angka positif di Kota Batu capai 3-5 orang per harinya. Untuk mengantisipasi membludaknya pasien dengan gejala sedang, Dinkes mengajukan tambahan shelter untuk isolasi mandiri.

“Bukan nambah. Lebih tepatnya karena kami selalu harus membuat back up. Meski satu shelter cukup. Tapi wajib ada buat back up. Harapan tidak terpakai dan hanya persiapan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan drg. Kartika Trisulandari kepada New Malang Pos.

Lebih lanjut, ia menerangkan shelter cadangan tersebut sebagai kelanjutan penanganan Covid-19 di tahun 2021. Pihaknya telah melihat tiga lokasi untuk tambahan shelter di Aram YPPI dan El Hotel Kartika Wijaya.

“Untuk El Hotel sudah diinfokan ke pusat bahwa sudah diizinkan. Tinggal Satgas menyetujui atau tidak,” bebernya.

Jika nantinya disetujui tinggal menunggu surat SK penunjukan shelter. Untuk akomodasi, nantinya setiap orang masuk dianggarkan Rp 300 ribu per hari dengan fasilitas tiga kali makan dan dua kali snack.

Perlu diketahui, saat ini Kota Batu telah memiliki satu shelter untuk isolasi Covid-19 di Hotel Mutiara Baru. Dengan akomodasi sama per orang dibiayai Rp 300 ribu per hari.

“Untuk Hotel Mutiara Baru saat ini masih ada 18 penghuni yang melakukan isolasi mandiri. Dari total 90 kamar yang disediakan,” pungkasnya. (eri/jon)