SanDi Janjikan 2023 Bebas Kekeringan

new malang pos
SANDI: Bacabup Drs. H. M. Sanusi ketika mencoba mengemudikan kendaraan truk. (foto: NMP-AGUNG PRIYO)

NEW MALANG POS, MALANG – Peningkatan kualitas lingkungan hidup menjadi visi Malang Makmur. Bapaslon SanDi bertekad memakmurkan lingkungan hidup Kabupaten Malang. Karena kelestarian alam penting bagi keberlanjutan masyarakatnya. Ini ditegaskan Bacabup SanDi, Sanusi.

“Lingkungan hidup itu sumber kehidupan manusia. Misalnya pertanian. Manusia bisa bertahan hidup dari pertanian. Karena itu, kelestarian sawah di Kabupaten Malang harus dijaga. Ini berkaitan dengan kehidupan masyarakat,” ujar Sanusi.

Kabupaten Malang, dikenal sebagai penghasil beras. Karena wilayah sawahnya luas. Sawah tidak hanya menjadi produsen pangan.

Dalam rencana tata ruang tata wilayah, sawah adalah RTH. Yakni ruang terbuka hijau. Sehingga persawahan di Kabupaten Malang jangan sampai hilang. BPS Kabupaten Malang mencatat luas sawah masih bertahan.

Pada tahun 2018, sawah irigasi seluas 42.658 hektar. Sementara sawah non irigasi 3230 hektar. Tahun 2019 jumlah ini tetap sama. Sehingga tidak ada penurunan luasan sawah. Catatan ini penting bagi Sanusi. Karena spiritnya tetap sama. Yaitu mempertahankan sawah agar tetap lestari di Kabupaten Malang.

“Sektor pertanian berkontribusi cukup besar ekonomi Kabupaten Malang,” sambung Sanusi.

Namun kelestarian lingkungan hidup tak hanya pertanian dan perkebunan. Hutan dan air juga masuk sebagai lingkungan hidup. Termasuk kehidupan fauna yang ada di dalamnya. Sanusi concern memakmurkan lingkungan hidup.

Sehingga, dia berniat mengedepankan memakmurkan sumber daya hayati. Contohnya, Sanusi memperjuangkan pengelolaan sumber daya air sungai. Supaya tak ada lagi masyarakat kekeringan di musim kemarau. Dia merancang Kabupaten Malang bebas kekeringan 2023. Dia sudah menginisiasi program ini.

Yakni lewat Perumda Tirta Kanjuruhan. Sudah ada inisiasi kerjasama pembangunan pengelolaan sungai Lesti. Ini untuk mengaliri enam kecamatan di Malang selatan. Dia berniat meneruskan program ini andai menang di Pilkada 2020.(fin)