Saatnya Kerja Keras

Tak Larut dalam Kemenangan Pilkada

Penetapan Hasil Pilkada Pekan Depan

NewMalangPos – Kemenangan HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) tinggal menunggu waktu penetapan KPU. Sesuai jadwal penetapan hasil Pilkada digelar Kamis (17/12) mendatang. Setelah itu dilanjutkan penetapan bupati-wabup terpilih. Namun demikian SanDi sudah banjir ucapan selamat di tengah aktivitas normalnya. 

Komisioner KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan saat ini tahapan Pilkada yakni rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan. Waktunya 10-14 Desember 2020.

“Hampir semua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan memulai penghitungannya besok (Sabtu). Bisa jadi rekapitupasi penghitungan suara tingkat kecamatan berlangsung dua hari karena banyaknya TPS,’’ tambah pria yang akrab disapa Dika ini.

Setelah rekapitulasi tingkat kecamatan, dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten. Sesuai jadwal akan digelar antara 13-17 Desember. “Paling lambat 19 Desember 2020 kami melaporkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten ke KPU Provinsi Jatim,’’ tambah Dika.

Lantaran tahapan rekapitulasi masih berjalan, Dika mengaku belum tahu siapa pemenang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang. Sementara itu sampai pukul 21.45 tadi malam,  penghitungan suara di www.pilkada2020.kpu.go.id, SanDi memperoleh 45,2 persen atau 226.047 suara. Ladub meraih 42,7 persen atau 213.632 suara, Malang Jejeg mendapat 12,1 persen atau 60.626 suara. Perolehan suara itu dari 2.124 TPS. Sedangkan total TPS di Kabupaten Malang 4.999 TPS

Lebih lanjut Dika mengatakan, jika ada perselisihan hasil, maka KPU akan mengikuti prosesnya. Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih sesuai PKPU No 5 tahun tahun 2020  akan diumumkan lima hari sertelah MK memutuskan hasil perselisihan.

Sanusi Beraktivitas Seperti Biasa

Di sisi lain HM Sanusi banjir ucapan selamat sebagai pemenang Pilkada. Dia mendapatkan ucapan selamat dari banyak kalangan. Tidak hanya teman dan koleganya. Sanusi juga mendapatkan ucapan selamat dari wartawan, ASN serta anggota DPRD Kabupaten Malang.

Ucapan selamat dari anggota dewan diberikan kepada Sanusi usai menghadiri rapat paripurna dengan agenda Penandatanganan Persetujuan Bersama Antara Pemkab Malang dan DPRD Kabupaten Malang terhadap Ranperda Tentang Pelayanan Kesehatan pada RSUD dan Ranperda tentang Penanaman Modal.

Kepada New Malang Pos, Sanusi kembali mengatakan ucapan selamat dan perolehan suara merupakan dukungan nyata dari seluruh masyarakat. Dia mengatakan kemenangannya merupakan kemenangan rakyat. “Sekali lagi ini kemenangan rakyat. SanDi tidak ada apa-apanya jika tidak didukung rakyat,’’ katanya.

Sanusi tak larut dalam suasana kemenangan. Ia mulai beraktivitas seperti biasanya sejak kemarin. “Tidak ada yang berubah. Tetap menjalankan tugas sebagai bupati. Seperti hari ada rapat paripurna, selanjutnya langsung ke kantor untuk menjalankan tugas lainnya,’’ kata politisi senior ini. (ira/van)