NMP
CEGAH VIRUS: Petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang melakukan penyemprotan disinfektan di area pasar, Selasa kemarin. (IRA RAVIKA/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG-Pasar Singosari dan Lawang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, Selasa (12/1) kemarin. Penyemprotan dua pasar ini dilakukan mulai pagi. Langkah ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19.

Seluruh sudut pasar disemprot. Selama penyemprotan, pedagang dan pembeli tidak terganggu. Mereka hanya meminta supaya air disinfektan yang disemprotkan tidak sampai mengenai dagangannya. Terutama yang menjual makanan, sembako atau sayuran.

“Lho ada penyemprotan lagi pak?. Kalau nyemprot hati-hati ya, jangan sampai mengenai dagangan,” kata salah satu pedagang. Petugas memahami permintaan pedagang, lalu melakukan penyemprotan dengan sangat hati-hati.

Baca Juga: Cari Solusi Macet Ujung Fly Over Kedungkandang

Penyemprotan disinfektan di Pasar Singosari dan Lawang ini untuk menekan angka Covid-19. Mengingat di wilayah Singosari dan Lawang jumlah kasus Covid-19 masih tergolong tinggi, sehingga perlu dilakukan antisipasi.

Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang menyebutkan, penyemprotan disinfektan terus dilakukan oleh Satgas Covid-19. Tujuannya jelas untuk menekan angka penularan Covid-19.

“Sebetulnya tidak hanya Pasar Singosari dan Lawang saja. Tetapi penyemprotan disinfektan juga dilakukan di Pasar Kepanjen, dan Pasar Pakisaji,” kata Mando sapaan akrabnya.

Untuk penyemprotan pasar sendiri, petugas dibagi menjadi empat tim. Masing-masing tim membawa 1.000 liter disinfektan, dan menyebar ke empat pasar.

“Pasar itu selalu terjadi kerumunan massa dan berpotensi menularkan Covid-19. Karenanya kami lakukan antisipasi dengan melakukan penyemprotan,” jelasnya.

Baca Juga: Hari Kelima, KPK Geledah ULP

Selain empat pasar, penyeprotan juga dilakukan di tujuh desa di wilayah Kepanjen. Sasaran utama penyemprotan di desa-desa adalah fasilitas umum. Mulai dari tempat ibadah, jalan raya juga balai pertemuan seperti balai RW, perkantoran desa, tempat ibadah dan lainnya.

Dia menegaskan penyemprotan disinfektan adalah kegiatan rutin, untuk menekan angka Covid-19 di Kabupaten Malang. “Selama masih pandemi, kami akan terus melakukan penyemprotan,” pungkasnya.(ira/agp)