Pengembangan Wisata, Investor Lirik Lahan di Jabung

CEK LOKASI: Di tengah kabut Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi bersama Sekda Dr. Ir. Wahyu Hidayat meninjau kawasan Malang Timur.(IST/Newmalangpos)

NewMalangPos, MALANG – Bupati Malang Drs. H. M Sanusi bersama Sekda Dr. Ir. Wahyu Hidayat meninjauan wilayah Kecamatan Jabung dan Poncokusumo, akhir pekan lalu. Cek lokasi ini untuk melihat persiapan pengembangan potensi pariwisata yang ada di dua kecamatan tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat mengatakan, dua kawasan ini memiliki akses dan prasarana yang mendukung untuk dikembangkan ke arah pariwisata. Sehingga sangat wajar jika banyak investor yang tertarik melakukan pengembangan wisata di daerah itu.

“Seperti Jabung, dekat dengan bandara dan akses tol. Nah investor tertarik membangun wisata di Jabung karena koneksitasnya dengan Bromo Tengger Semeru. Bentuknya bisa pertanian, peternakan atau perumahan,” ungkap Wahyu, Senin (1/2/2021).

Selain akses dan koneksitas yang mendukung, juga karena keindahan pemandangan alam. Sehingga menjadi nilai lebih bagi investor untuk pengembangan potensi wisata.

“Mereka tertarik karena relatif viewnya dari sana itu bisa melihat Kota Batu. Juga bisa melihat Malang. Selain pariwisata, tentu akan ada kegiatan lain yang mendukung pariwisata,” tandasnya.

Wahyu mengatakan persiapan untuk  melakukan pengembangan potensi wisata di daerah tersebut dimulai tahun ini. Diharapkan persiapannya dapat berjalan lancar dan pembangunan wisata dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pastinya dimulai tahun ini. Setelah proposal selesai, konsultan dari Menko Perekonomian berencana akan meninjau lokasi,” ujarnya.

Total ada sekitar 400 hektar luasan tanah yang akan dilakukan pembebasan di Kecamatan Jabung. “Nilainya triliunan, karena pembebasan lahan kurang lebih 400 hektar. Itu untuk Jabung saja,” tuturnya.

Sedangkan untuk wilayah Kecamatan Poncokusumo, pemerintah pusat juga akan mengembangkan wisata. Salah satunya adalah jembatan kaca di area sekitar Bromo.(ian/agp)