Melanggar Aturan Puluhan Banner Ditertibkan, Termsuk Banner Cakada

NEW MALANG POS, MALANG – Satpol PP Kabupaten Malang kembali melakukan operasi banner. Jumat (10/7) kemarin menyasar wilayah Malang Timur. Hasilnya 75 banner diamankan. Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang mengatakan operasi banner merupakan kegiatan rutin yang digelar Satpol PP.

“Kami menggelar operasi di seluruh wilayah Kabupaten Malang, kegiatan dilakukan secara bergiliran,’’ ucapnya.

Mando begitu dia akrab dipanggil mengatakan banner atau reklame yang ditertibkan adalah yang melanggar aturan. Selain tidak memiliki izin, pemasangannya menyalahi aturan.

“Ada juga banner yang terpasang di pohon dengan cara dipaku juga jadi target operasi kami. Langsung diturunkan, kemudian diamankan,’’ urainya.

Semua banner yang diturunkan dikatakan Mando dibawa ke Kantor Satpol PP Kabupaten sebagai barang bukti. “Jika ada pihak yang mempermasalahkan, bisa mengambil atau menyelesaikannya di kantor. Prinsipnya, operasi banner yang kami lakukan tidak lain untuk menegakkan Perda,’’ ungkapnya.

Dia mengatakan, dalam peraturan daerah sudah diatur semuanya. Mulai dari teknik pemasangan sampai tempat sudah diatur. Sehingga saat ada banner yang pemasangannya menyalahi ketentuan, risikonya diturunkan.

“Tidak terkecuali dengan banner calon kepala daerah (Cakada), yang saat ini marak terpasang,’’ katanya.

Namun Mando tidak menyebutkan siapa saja calon kepala daerah yang bannernya marak terpasang di wilayah Kabupaten Malang. Namun demikian, dia hanya berharap mereka menyadari dan melepaskan sendiri bannernya.

“Ada mekanisme untuk pemasangannya. Ada izin yang harus dipenuhi sebelum pemasangan,” tuturnya.(ira/agp)