Longsor di Jalur Provinsi, Jalan Ngantang Kediri Tutup

new malang pos
tebing setinggi 25 M lebar 10 M longsor di jalan provinsi yang menghubungkan Malang -Kediri

NewMalangPos, KOTA BATU – Hujan lebat di wilayah Kecamatan Ngantang sejak pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB mengakibatkan tebing setinggi 25 M lebar 10 M longsor di jalan provinsi yang menghubungkan Malang – Kediri tutup total pada Selasa (2/2/2021).

Hal itu diungkapkan oleh Plt. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan bahwa longsor bahwa telah terjadi longsor dan mengakibatkan jalur provinsi tertutup. Sehingga membuat kendaraan, baik dari arah Malang maupun Kediri harus putar balik.

Longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Tepatnya di Dusun Jombok Krajan RT 11 Desa Jombok Kec. Ngantang. Longsor mengakibatkan macet panjang dan kendaraan harus putar balik untuk roda 4. Sedangkan R2 masih bisa terus berjalan” ujar Dono kepada New Malang Pos.

Selain itu, dampak lainnya kemacetan terjadi dari arah Malang mulai dari Pujon, sebaiknya dari berlawanan terjadi macet hingga Kasembon.

Tak hanya itu, Longsor juga terjadi sekitar pukul 16.00 WIB di Dusun Ngganten RT 20/08 Desa Tulungrejo, Kec. Ngantang. Penyebab dikarenakan hujan deras yang terus mengguyur Malang Raya sejak siang hari.

“Akibat longsor tersebut mengakibatkan tebing setinggi 25 M dan Lebar 10 M menimpa rumah Pak Ngateman (54). Sehingga barang-barang dalam rumah juga ikut tertimbun material longsor,” terangnya.

Baca juga : Banjir Bandang di Jombang Hanyutkan 2 Jembatan

Akibat kejadian ini, tidak ada korban jiwa. Diketahui pemilik rumah berjumlah 2 jiwa berhasil selamat. Mereka kemudian mengungsi di rumah saudaranya.

Selain itu, rumah milik Ngateman yang mengalami rusak berat diperkirakan mengalami kerugian sejumlah Rp 30 juta.

Hingga berita ini naik cetak, petugas dan warga tengah melakukan evakuasi dan pembersihan material longsor dihentikan karena kurangnya penerangan. Sedang untuk jalan provinsi hingga malam ini masih tertutup untuk R4. (eri/ggs)