Ingatkan, Pencoblosan Sudah Dekat

NEW MALANG POS, MALANG-Simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di TPS Sesuai Protokol Kesehatan digelar Polres Malang di luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Jumat (27/11) sore. Simulasi itu diadakan usai apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolres Malang AKBP Hendri Umar. Hadir dalam kesempatan itu Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra.

Hadir pula Komisioner KPU Kabupaten Malang dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Malang. Dalam simulasi ini, ditunjukan tata cara pelaksanaan pencoblosan suara. Mulai penyemprotan disinfektan di TPS oleh Satgas Covid-19, kemudian persiapan pemungutan suara, hingga pemungutan suara dan perhitungan suara.

Dalam menjalankan tugasnya, seluruh petugas yang ada di TPS menggunakan alat pelindung diri atau APD meliputi masker, face shield dan menyediakan hand sanitizer.

Dalam sambutannya, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan simulasi tersebut sebagai persiapan petugas yang ada di lapangan sebelum dilakukan pemungutan suara sesungguhnya 9 Desember, mendatang.

“Melalui apel dan simulasi ini nantinya yang akan dilakukan pada pemungutan suara. Sehingga dengan harapan aman dan tidak menimbulkan kluster baru,” ujarnya.

Lebih lanjut dia berharap kepada para petugas gabungan yang melakukan pengamanan Pilkada dapat melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin.

“Harapannya ini sebagai pengingat, bahwasanya pemungutan suara akan segera dilakukan,” kata perwira menengah dengan dua melati di pundaknya ini.

Dia berharap melalui simulasi Pengamanan Pemungutan Suara di TPS yang dilakukan oleh Polres Malang ini nantinya dapat diterapkan dengan sebaik mungkin sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara itu sebelumnya digelar apel gelar pasukan kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Malang di Mapolres Malang. Apel gelar pasukan ini dihadiri langsung Pjs Bupati Malang Drs. Sjaichul Ghulam, MM, Kapolres Malang AKBP Hendri Umar dan Dandim 0818 Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Yusub Dody Sandra serta Forkopimda Kabupaten Malang. 

“Semua potensi ancaman bencana alam saat ini hadir di tengah pandemi Covid-19 yang tentunya harus terus kita waspadai. Sehingga setiap daerah tentunya perlu untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan, baik personil secara individu, maupun sumber daya peralatan yang dimiliki” ucap Pjs Bupati Malang Drs. Sjaichul Ghulam, MM. 

Pelaksanaan apel ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas semua elemen dalam menghadapi potensi bencana. Semua pihak tentunya telah memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing. Untuk kerja sama dan komunikasi secara aktif agar dapat terjalin dengan baik dalam implementasi di lapangan.

“Kita perlu untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang potensi kebencanaan sekaligus mitigasi bencana secara berkelanjutan. Sehingga masyarakat Kabupaten Malang dapat terlibat secara aktif dalam proses antisipasi maupun penanggulangan saat bencana terjadi” katanya. (ira/jon)