Gelar Hajatan, Bunyikan Sound System, Ditegur Polisi

DITEGUR: Anggota Polsek Pakis mendatangi acara hajatan yang kemudian meminta tidak membunyikan sound sistem. (NMP-IRA RAVIKA)

NewMalangPos, MALANG-Masyarakat tidak dilarang menggelar hajatan, namun harus taat protokol kesehatan. Sabtu (13/2) malam anggota Polsek Pakis mendatangi rumah warga di Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis yang menggelar hajatan. Bukan dibubarkan, tetapi diingatkan untuk tidak membunyikan sound system.

“Kemarin (Sabtu, red) kami datang ke rumah warga yang menggelar hajatan pernikahan. Karena terdengar bunyi sound system cukup keras. Tidak kami bubarkan, hanya meminta supaya mematikan sound system. Tamu undangan juga kami wajibkan memakai masker dan menjaga protokol kesehatan,” terang Kapolsek Pakis AKP Slamet Subagyo.

Memang sempat ada penolakan dari pemilik rumah yang menggelar hajatan. Tetapi lanjut Slamet, setelah diberi pengertian akhirnya pemilik rumah bisa memahami. Suara sound system yang sebelumnya terdengar keras, sudah tidak terdengar lagi.

“Selain memberi peringatan, kami juga stand by di lokasi. Memastikan tamu yang masuk supaya tidak berdesakan. Termasuk meminta mereka memakai masker, jika tidak langsung kami minta pulang,” jelasnya.

Selain mendatangi acara hajatan warga, kegiatan patroli penegakan Prokes juga menyasar

pertokoan dan pedagang kaki lima. Alhasil masih banyak yang melanggar buka lebih dari batas waktu yang ditentukan.

“Di Jalan Raya Saptorenggo dan Mangliawan kami masih menemukan toko dan pedagang kaki lima yang buka lebih dari pukul 21.00. Mereka langsung kami minta untuk menutup,” ujarnya.

Slamet menambahkan, kegiatan patroli yustisi akan terus ditegakkan. Sampai masyarakat benar-benar sadar dan patuh Prokes. Karena diketahui bahwa angka Covid-19 di wilayah Kecamatan Pakis sangat tinggi.

“Selain menegur dan mengingatkan warga, kami juga membagikan masker pada masyarakat yang terjaring tidak memakai masker. Harapannya masyarakat sadar dan patuh Prokes. Kemanapun pergi harus selalu memakai masker,” paparnya.(ira/agp)