Cegah Covid, Bupati Malang Ingatkan Buruh Rokok Disiplin Protokol Kesehatan

NEW MALANG POS, MALANG – Bupati Malang Drs. H. M Sanusi meminta karyawan PT Gudang Baru Berkah di Kepanjen disiplin. Protokol kesehatan jangan diabaikan. Supaya buruh pabrik tidak tertular Covid-19. Pesan ini disampaikan saat meninjau lokasi pabrik Sabtu (11/7). Sanusi didampingi Dandim 0818 wilayah Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad dan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar.

“Kami meninjau bagaimana pabrik ini menerapkan physical distancing. Serta disiplin protokol kesehatan di masa pandemi ini. Semua karyawan harus membatasi diri. Jangan sampai terkena. Bila ada gejala segera diperiksakan. Jangan boleh masuk pabrik,” ungkap Sanusi.

Dia juga mengingatkan supaya yang reaktif isolasi mandiri. Sehingga Covid-19 bisa terkondisi. Sanusi mengaku sudah membeli mesin PCR. RSUD Kanjuruhan dipasrahi mesin ini. Sehingga Satgas Covid-19 tidak terlambat mendeteksi Covid-19. Dia pun mengingatkan masker adalah kewajiban.
Baik buruh pabrik sampai bupati.

“Penekanan dari pusat sampai bawah, yang wajib adalah masker. Sarung tangan juga wajib. Harus jaga jarak karena virus itu menempel,” sambungnya.

Sanusi mengatakan, PT Gudang Baru Berkah adalah tulang punggung ekonomi di Kecamatan Kepanjen. Terutama bagi para karyawannya. Dia berharap Gudang Baru bisa jalan terus. Asalkan tidak muncul kluster baru. Karena karyawannya ada 3 ribu orang.

“Penekanan dari Presiden RI adalah kehidupan imbang. Antara ekonomi dan kesehatan, dua-duanya harus jalan,” sambung Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzawwad.

Dia mengingatkan Gudang Baru supaya memperhatikan SOP. Pabrik harus menjalankan protokol kesehatan. Internal pabrik juga wajib menjalankan protokol. Sehingga tugas Satgas Covid-19 internal tidak berat. Dia berharap pula karyawan pabrik menjaga kesehatan. Termasuk jangan kelelahan.

“Terima kasih atas kerja satgas dari pabrik. Jangan lelah. Kelelahan kita akan semakin banyak masyarakat yang terancam. Kita melayani masyarakat, harus semangat,” tutupnya.(fin/agp)