Cassa NC-212i Perkuat Skadron 4 Lanud Abdulrachman Saleh

new malang pos
Danlanud Abd Saleh Marsma Wayan Superman menyiramkan air di body pesawat Cassa NC-212i pada upacara tradisi penyambutan pesawat baru di Skadron 4.

NewMalangPos, MALANG – Skadron 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang mendapatkan tambahan satu pesawat baru, jenis Cassa NC-212i. Pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia Bandung ini, Selasa (26/1/2021), diambil langsung Komandan Skadron 4 Lanud Abd Saleh, Letkol Pnb Muhammad Arif.

Kepada New Malang Pos, Arif mengatakan pesawat buatan  2021 ini diterbangkan dari Bandung pukul 08.00 WIB, dan tiba di Lanud Abd Saleh pukul 10.00 WIB di hari yang sama.

“Saya dan enam crew yang mengambil langsung ke Bandung. Alhamdulillah, semuanya lancar,’’ kata Arif.

Di Lanud Abd Saleh, kedatangan pesawat baru ini langsung disambut Danlanud Abd Saleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wayan Superman dengan menggelar upacara tradisi penyambutan.  Cassa NC-212i ini merupakan satu dari 9 pesawat yang dibeli pusat.

“Totalnya ada tambahan sembilan pesawat. Tapi datangnya secara bertahap. Tahun ini ada empat pesawat yang datang, salah satunya yang ini,’’ tambah perwira dengan dua melati di pundak ini. Sementara lima sisanya dikatakan Arif akan datang di 2022 mendatang.

Ditanya kehebatan dari pesawat Cassa NC-212i, Arif mengatakan sangat hebat. Terlebih dibandingkan dengan pesawat Cassa yang sebelumnya, pesawat baru ini lebih canggih.

“Semua sistemnya sudah diupgrade lebih canggih. Seperti Avionilknya dan Aiframenya. Sehingga kemampuannya pun lebih meningkat dibandingkan dengan pesawat yang  sebelumnya,’’ jelasnya.

Dia menyebutkan, dengan upgrade seluruh sistem pesawat tersebut, maka bisa dipastikan pesawat Cassa NC-212i ini bisa lebih stabil saat terbang.

“Lebih nyaman, lebih lancar dan tentunya lebih aman,’’ ungkap Arif.

Dia juga menambahkan, pesawat baru ini akan dterbangkan para pilot di Skadron 4. Tidak terkecuali Letda Pnb Mega Coftiana, satu-satunya pilot wanita di Skadron 4 juga akan menerbangkan pesawat tersebut.

“Tadi mbak Mega tidak ikut ke Bandung. Dia disini menyambut dan ikut dalam upacara tradisi penyambutan,’’ terangnya.

Sementara Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh Letkol Sus Dodo Agusprio S  juga mengatakan, kedatangan pesawat Cassa NC-212i ini juga akan ditinjau langsung oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo pada Rabu (27/1) hari ini.

“Rabu Kasau datang untuk melakukan kunjungan kerja untuk melihat langsung pesawat Cassa NC-212i. Juga melihat simulator pesawat Tucano dan memberikan pengarahan kepada para pejabat di jajaran Lanud Abd Saleh,’’ tandasnya.(ira/aim)