150 Pesantren Lebih Dukung Sanusi Jadi Bupati

NMP

NEW MALANG POS, MALANG – Calon Bupati Malang nomor urut 1 H. M. Sanusi selalu menyempatkan silaturrahmi ke pondok pesantren saat melakukan kampanye. Dan itu terbukti, lebih dari 150 pesantren yang didatangi sejak hari pertama dia melaksanakan kampanye pada 26 September lalu. Kehadirannya ke Pondok Pesantren tidak sekadar meminta dukungan kiai, maupun pengasuh dan santri. Tapi juga meminta doa restu, agar seluruh kegiatan yang dilaksanakan berjalan lancar dan sukses.

Seiring dengan kedatangannya ke Pondok Pesantren tersebut, Sanusi mendapatkan dukungan dari para kiai maupun pengasuh pondok pesantren. Dukungan tersebut diantaranya dari Alumni Ponpes Sidogiri, yang disampaikan saat kegiatan Istighosah dan Doa Bersama yang digelar di kediaman H. M. Sanusi, di Gondanglegi Kamis (26/11).

‘’Kami mendukung SANDI. Alumni Sidogiri siap memenangkan Abah Sanusi. Selama memimpin Kabupaten Malang, Abah Sanusi sangat baik. Program-program kerja beliau jika terpilih nanti, kami lihat lebih pro rakyat dan kemasalahatan umat,” kata perwakilan alumni Ponpes Sidogiri, Gus Ali Ridlo.

Selain itu, dukungan juga diberikan Keluarga Besar Alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1. Pengasuh Ponpes Raudlatul Ulum 1, KH Nasih Khozim, mengatakan dukungan tersebut datang karena Abah Sanusi adalah bagian dari keluarga besar alumni pondok pesantren yang beralamat di Jalan Sumber Ilmu No 127, Dusun Ganjaran Selatan, Desa Ganjaran, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. “Abah Sanusi merupakan bagian dari keluarga besar Raudlatul Ulum 1, karena beliau mondok dan sekolah di Raudlatul Ulum 1,” ungkapnya.

Selain itu, H.M Sanusi juga mendapatkan dukungan dari Wakil Rois Syuriah PCNU Kabupaten Malang KH Sjaiful Effendi, MSi. Secara terang-terangan, KH Sjaiful Effendi menyatakan dukungannya kepada Sanusi untuk mengikuti kontestasi Pilkada tahun 2020 ini.

Dukungan tersebut disampaikan saat Abah Sanusi mendatangi rumah tokoh NU tersebut. Bersamaan dengan kegiatan kampanye H. M Sanusi di Poncokusumo beberapa waktu lalu. Dalam keterangannya, Wakil Rois Syuriah PCNU Kabupaten Malang, KH Sjaiful Effendi menegaskan bahwa H.M Sanusi merupakan keluarga besar Nahdliyyin sejak lama. Bahkan, Sjaiful juga menyampaikan, jika Sanusi merupakan alumni Ponpes dibawah naungan NU.

“Setahu saya sejak tahun 1998, Abah Sanusi sudah berkecimpung di NU. Beliau (Abah Sanusi) itu alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Ganjaran,” ujarnya.

Tak ketinggalan Barikade Gus Dur Kabupaten Malang juga secara terang-terangan mendukung SanDi dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Malang pada 9 Desember 2020 mendatang. Bahkan mereka siap memenangkan Sanusi-Didik dalam pesta demokrasi tersebut. “Abah Sanusi adalah warga NU, besar dari pesantren, sehingga tidak heran jika beliau mendapatkan dukungan, baik dari keluarga besar Nahdlatul Ulama, maupun alumni pesantren dan pengasuh pondok pesantren,’’ kata Media Center SanDi, Zulham Mubarok. (ira/udi)