Polresta Makota Kuatkan Ponpes di Kota Malang

BANTUAN : Kapolresta Makota AKBP Budi Hermanto menyerahkan bantuan berupa sembako kepada berbagai ponpes di Kota Malang di Halaman Mapolresta Makota Jumat (22/10) pagi.(NMP - IST/HUMAS MAKOTA)

NEW MALANG POS, MALANG – Polresta Malang Kota (Makota), melakukan penguatan kepada berbagai ponpes di Kota Malang dengan menyalurkan bantuan bahan makanan. Agenda ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2021 di halaman Mapolresta Makota, Jumat (22/10).

Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh santri di wilayah Kota Malang.. Buher, sapaan akrab Kapolresta Makota itu, meyakini bahwa santri di Kota Malang bisa berperan aktif dalam penuntasan pandemi Covid-19.

Sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan HSN 2021, yakniSantri Siaga Jiwa dan Raga. “Seperti yang diketahui bersama bahwa kontribusi berupa upaya dan kerja keras para santri, sudah cukup panjang ceritanya. Sejak era sebelum kemerdekaan di tahun 1945, para santri sudah turut berjuang merebut memerdekakan Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  325.910 Dosis Vaksin Telah Gelontorkan Pemkot Malang

Oleh sebab itu, Buher berharap peran aktif santri tetap terjaga, dan bahkan bisa lebih sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Mengingat saat ini sudah mulai memasuki era digital dan dalam masa pandemi.

Mantan Kapolres Batu itu juga menyebutkan bahwa semua peran besar santri tidak lepas dari campur tangan pondok pesantren (ponpes). Di mana para santri mendapat ilmu, pengalaman dan pendidikan dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas diri.

“Ponpes sangat berperan aktif dalam rangka penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi nasional bagi santri dan masyarakat. Sesuai dengan harapan dapat mempercepat penanganan Covid 19,” ujar Buher.

Baca Juga :  Kota Malang Perbolehkan Salat Tarawih Berjemaah

Buher selain memberikan pesan juga turut memberikan suntikan bantuan bahan makanan. Bersama dengan Wakapolresta Makota AKBP Deny Heryanto dan Pejabat Utama (PJU) Polresta Malang Kota menyerahkan bantuan ke perwakilan ponpes di Kota Malang.

Selain untuk perwakilan ponpes yang hadir di halaman depan Mapolresta Makota, bantuan tersebut juga disalurkan melalui Bhabinkamtibmas dan petugas Polsekta Jajaran di wilayah Polresta Makota.

“Semoga bantuan ini bisa mendukung perpecepatan penanganan Covid-19 melalui penguatan ponpes dan para santrinya. Dan ini bisa menjadi sedikit meringankan beban ponpes dan santri dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” pesannya.

Baca Juga :  Mainstream VS Non Mainstream (1)

Setidaknya ada sebanyak 2,75 ton beras dan 275 paket sembako yang merupakan bantuan dari J99 Foundation. Paket bantuan itu ditargetkan bisa diterima oleh 10 ponpes yang tersebar di wilayah Kota Malang. (rex/mar)

artikel Pilihan