Makin Boros Kouta Internet, Berikut Cara Akali Jaringan 5G

new malang pos
Tanda 5G terlihat selama Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. (REUTERS/Yves Herman/File Photo/ CNBC Indonesia)

NewMalangPos – Meskipun belum hadir di Indonesia, Jaringan 5G telah menghadirkan kekhawatiran tersendiri akan calon penggunanya. 5G dianggap menjadi jaringan yang sangat cepat sekaligus mengkonsumsi banyak kuota. Lalu bagaimanakah cara menghemat jaringan 5G.

Melansir dari CNBC Indonesia, Harry Utama selaku Manager Network Master Plan Telkomsel mengungkapkan bahwa masyarakat perlu bijaksana dalam memaksimalkan aktivitas digitalnya. Pengguna dapat menghemat kuota dengan mengatur kualitas konten yang dinikmatinya.

“Mungkin ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian kuota tersebut misalnya dalam penggunaan streaming video dan gaming bisa di setting kualitasnya,” kata dia dalam sebuah diskusi virtual di Jakarta, Selasa (9/3).

Baca Juga :  Hadirkan Kopi Titik Koma Bidik Pasar Milenial

Meskipun akan terasa cepat habis, penggunaan jaringan 5G ini akan dimanjakan dengan peningkatan kualitas pengalaman dari konsumen dengan kecepatan dan proses download serta streaming-nya.

Harry mengatakan hal ini sama seperti saat dimana masyarakat mulai beralih dari menggunakan 3G ke 4G yang dikembangkan. Menurutnya, setiap pembaruan teknologi jaringan akan menghadirkan keunggulan dari sisi kecepatan proses download, upload hingga streaming.

Dengan koneksi cepat ini, Manager Network Master Plan Telkomsel itu juga menambahkan konsumen akan makin aktif melakukan aktivitas online. Inilah yang membuat penggunaan kuota internet semakin tinggi.

Baca Juga :  Omzet Penjualan Eceran Tumbuh Positif 6,35 Persen

“Konsumen semakin ingin mendownload streaming video-video berkualitas HD misalnya. Hal ini akan membuat pengguna merasakan kuota jadi lebih cepat habis,” ungkap Harry.

Untuk implementasi 5G di Indonesia, Harry mengatakan Telkomsel terus melakukan persiapan dengan merancang skema produk dan layanan yang sesuai dengan pelanggan. Menurutnya, Telkomsel akan mengembangkan 5G yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Serta memperhitungkan permintaan di masing-masing lokasi di Indonesia.

“Kami akan mengembangkan 5G ini tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat ada perhitungan demand dan industri masing-masing lokasi nantinya,” pungkasnya. (roy/roy/cnbci/mg3/ggs/nmp)