Makan di Warteg Kini Boleh 30 Menit

Ilustrasi makan di warteg (Foto: Grandyos Zafna)

Jakarta,NewMalangPos – Ada sejumlah aturan yang disesuaikan dalam perpanjangan PPKM Jawa-Bali ini.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terbaru dengan Nomor 34 Tahun 2021, sejumlah aturan kembali disesuaikan. Salah satunya terkait kebijakan aturan makan di warung makan/warteg yang sebelumnya dibatasi 20 menit, kini diberi waktu 30 menit.

“Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan di tempat 3 (tiga) orang dan waktu makan maksimal 30 (tiga puluh) menit. Pengaturan teknis berikutnya diatur oleh Pemerintah Daerah,” bunyi huruf f poin 1 dalam Inmendagri,  Selasa (17/8/2021).

Baca Juga :  Momen Unik.. Silaturahmi Lewat Video Call, Jokowi-Ma'ruf Saling Tanya Kondisi Keluarga

Seperti dilansir Detikcom, untuk di restoran, rumah makan, atau kafe yang berada di dalam gedung/toko tertutup tetap tidak boleh menyajikan makan di tempat atau dine-in.

“Baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan/mall hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat (dine-in) yang pengaturan teknisnya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah,” tulisnya.

Sedangkan restoran, rumah makan, dan kafe di area pelayanan terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat. Waktu dibolehkan bukanya hingga pukul 20.00 waktu setempat.

Baca Juga :  Polisi Kantongi Identitas Mayat Wanita Korban Kekerasan yang Ditemukan di Kulon Progo

“Dengan kapasitas maksimal 25% (dua puluh lima persen), satu meja maksimal dua orang, dan waktu makan maksimal 30 menit yang pengaturan teknisnya ditetapkan oleh Pemerintah Daerah,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah resmi memperpanjang PPKM di Jawa-Bali hingga 23 Agustus 2021. Keputusan ini berlaku bagi daerah yang menerapkan PPKM level 4, 3, dan 2.

“Maka PPKM level 4, 3, dan 2 di Jawa-Bali akan diperpanjang sampai 23 Agustus,” kata Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam paparan media yang digelar virtual, Senin (16/8).

Baca Juga :  Kapal Karya Indah Terbakar di Perairan Maluku Utara, 181 Penumpang Dilaporkan Selamat

(fas/idn/dtc/jon/nmp)

artikel Pilihan