Lolos ke Babak 16 Besar, Peselancar Indonesia Rio Waida Fokus Diri Sendiri

Peselancar Indonesia Rio Waida tampil di babak 16 Besar Olimpiade Tokyo 2020 melawan peselancar asal Jepang Kanoa Igarashi. Foto: NOC Indonesia.

TOKYO, NewMalangPos – Peselancar Indonesia Rio Waida yang akan tampil di babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 mengaku bakal lebih fokus pada diri sendiri, ketimbang memerhatikan lawan. Rio akan melawan peselancar Jepang Kanoa Igarashi di Pantai Tsurigasaki, Senin (26/7) pukul 09.30 WIB.

Peselancar termuda di Olimpiade Tokyo 2020 itu belajar dari putaran pertama. Diakuinya dia terlalu memerhatikan lawan sehingga tidak tampil maksimal. Di putaran pertama Heat 3, Rio hanya mampu mengumpulkan 9,96 poin. Jumlah itu di bawah Peru 11,40 dan Amerika Serikat 10,27.

Baca Juga :  Alasan Quartararo Masih Waspadai Marquez

Perjalanan Rio berlanjut ke putaran kedua Heat 1. Ia tergabung bersama Selandia Baru, Chili, Kosta Rika, serta juara dunia asal Amerika Serikat. Penampilan Rio membaik dengan mendulang 11,53 poin. Ia hanya kalah dari sang juara dunia yang mengumpulkan 12,77 poin.

“Saya belajar dari kekurangan saya waktu putaran pertama dan akhirnya tampil lebih baik. Besok (hari ini 26/7) saya akan fokus dengan diri sendiri dan semoga ombak bisa mendukung penampilan saya,” ujar peselancar kelahiran tahun 2000 itu.

Baca Juga :  Menkes Inggris Ucapkan Insya Allah saat Wawancara

Lawannya di babak 16 besar bukan lawan mudah. Igarashi memiliki catatan apik saat tampil di kualifikasi. Ia menjadi peselancar dengan poin terbanyak ke-2 pada kategori top scoring waves dengan 6,67, sedangkan Rio hanya 5,90 berada di urutan ke-15. Peselancar asal Jepang itu juga mencatat top heat terbanyak ke-2 dengan poin 12,77, sedangkan Rio hanya 9,96 di urutan ke-20.

Meski begitu, pelatih timnas selancar Indonesia Tipi Jabrik berpendapat penampilan Rio di babak kualifikasi masih di bawah standar. Ia menganggap Rio masih bisa lebih baik di 16 besar. Buktinya perolehan poinnya meningkat dari putaran pertama dan kedua.

Baca Juga :  Gunung Merapi Siaga, Polisi Halau Kedatangan Wisatawan

Tipi menekankan, Rio hanya perlu tenang agar bisa menyeleksi ombak. Sebab ada potensi badai taifun pada babak 16 besar nanti. Menurutnya, selama Rio fokus pada kemampuan diri sendiri, ia bisa mengatasinya.

“Musuh juga pasti melakukan evaluasi  dan kemungkinkan bikin strategi yang sama (menghadapi badai),” kata Tipi. (abr/jon)

Pilihan Pembaca