Lirik Dogecoin Ketimbang Bitcoin, Hold Setahun Jadi Rumah

3
Mata uang kripto semakin populer karena harga dan kapitalisasi pasarnya meroket tajam. Ilustrasi. (iStockphoto/Adrian Black).

Jakarta, NewMalangPos –  Mata uang kripto alias cryptocurrency terus mencetak rekor tertinggi barunya (to the moon). Sejumlah mata uang kripto yang familiar di pasar adalah Bitcoin, Ethereum, dan belakangan adalah Dogecoin.

Melansir coinmarketcap.com, Senin (19/4), ketiganya masuk dalam 10 mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi terbesar. Tercatat, Bitcoin menempati posisi pertama dengan harga sebesar US$56.582,48 per koin per hari ini pukul 12.15 WIB, atau setara Rp824,12 juta. Sementara itu, nilai kapitalisasi pasarnya tembus US$1.059 triliun.

Menyusul Bitcoin, ada Ethereum di posisi kedua. Harganya mencapai US$2.240,37 setara Rp32,63 juta per koin. Sementara itu, nilai kapitalisasi pasarnya mencapai US$260,06 miliar.

Sedangkan, Dogecoin berada di posisi keenam dengan harga US$0,32 atau Rp4.660 per koin. Sementara itu, nilai kapitalisasi pasarnya tembus US$43,19 miliar.

Lantas apa perbedaan ketiga mata uang kripto tersebut? Melansir Bitcoin.com, Bitcoin menggunakan teknologi peer-to-peer (P2P) untuk beroperasi, tanpa otoritas pusat atau bank sentral seperti mata uang sebuah negara pada umumnya.

Pengeluaran dan pengelolaan transaksi Bitcoin dilakukan secara kolektif oleh sebuah jaringan, sehingga didesain bersifat publik, tidak ada yang memiliki atau mengontrol Bitcoin, dan semua orang dapat mengambil bagian dalam transaksinya.

Sementara itu, crypto.com menyatakan Bitcoin merupakan mata uang kripto yang pertama kali diciptakan. Penciptanya adalah Satoshi Nakamoto, sebuah nama samaran mewakili individu atau kelompok yang menerbitkan whitepaper Bitcoin pada 31 Oktober 2008.

Sejumlah sumber menduga, Satoshi Nakamoto memiliki kaitan dengan piranti lunak untuk Bitcoin.Sumber lainnya menyatakan desain dari Bitcoin memperbolehkan kepemilikan tanpa identitas (anonymous).

Selanjutnya, Bitcoin dapat disimpan di komputer pribadi dalam sebuah format file wallet (dompet digital) atau disimpan oleh sebuah service wallet pihak ketiga. Selain itu, Bitcoin dapat dikirimkan kepada siapapun di seluruh dunia.

Sementara itu, Ethereum hampir serupa dengan Bitcoin. Crypto.com menyatakan bahwa Ethereum adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi dibuat oleh Vitalik Buterin.

Fitur yang ditawarkan Ethereum serupa dengan Bitcoin yakni tidak berada di bawah pengawasan otoritas atau bank sentral. Selain itu, Ethereum dapat dikirimkan ke sesama penggunanya di dunia secara instan.

Namun, Crypto.com mengatakan spesifikasi Ethereum yang tidak dimiliki oleh mata uang kripto lainnya adalah dapat diprogram. Dalam arti, setiap developer (pengembang) dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi-aplikasi jenis baru.

Saat ini, ribuan developer di seluruh dunia membangun aplikasi di Ethereum, untuk menciptakan berbagai jenis aplikasi baru. Meliputi, dompet digital, aplikasi finansial, permainan, dan sebagainya. Semua aplikasi tersebut menggunakan Ethereum untuk bertransaksi.

Terakhir, Dogecoin merupakan mata uang kripto terbaru yang dibuat pada 2013 lalu. Penciptanya adalah Billy Markus dari Portland, Oregon dan Jackson Palmer dari Sydney, Australia.

Tampilan Dogecoin cukup unik karena logonya menggunakan kepala anjing Shiba Inu. Fungsi Dogecoin tak ubahnya dengan mata uang kripto lainnya, namun salah satu yang khas pada Dogecoin adalah sebagai tip dalam sebuah sistem di media sosial Reddit dan Twitter.

Biasanya, Dogecoin diberikan sebagai penghargaan kepada pembuatan atau berbagi konten berkualitas. Belum lama ini, harganya meroket berkat miliarder, Elon Musk. Dalam akun Twitter resminya, @elonmusk, ia membuat utas mengenai dogecoin. “Doge,” tulisnya. Selanjutnya, ia melampirkan sebuah foto roket yang terbang ke bulan.

Tak hanya itu, sang miliarder itu membuat sebuah meme dari salah satu adegan terkenal film kartun The Lion King. Namun, Elon Musk mengganti wajah Simba menjadi gambar anjing Shiba Inu yang merupakan logo Dogecoin dan membuat meme dari wajahnya. (ulf/bir/cnni/mg2/ley/nmp)