Lima Kursi Eselon II Menanti Open Bidding

5
Wali Kota Batu Drs. Dewanti Rumpoko M.Si memimimpin pelantikan pejabat di Graha Pancasila Kota Batu Senin (5/4). (NMP/MUHAMMAD FIRMAN)

KOTA BATU, NEW MALANG POS – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) kembali melakukan pelantikan dua Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama (JPTP).

Selain itu juga dilakukan pengukuhan pada empat pejabat struktural Dispendukcapil, 211 CPNS melalui vicon, delapan formasi jabatan fungsional, 14 orang pengukuhan kepala sekolah.

Dua pejabat eselon II yang dilantik adalah Erwan Pujo Fiatno menjabat asisten Perekonomian dan Pembangunan yang sebelumnya kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Serta Agoes Machmoedi menduduki jabatan baru sebagai kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang sebelumnya Dinas Komunikasi dan Informatika.

Wali Kota Batu Drs. Dewanti Rumpoko M.Si mengatakan bahwa pelantikan yang digelar di Graha Pancasila, Kota Batu Senin (5/4) dilakukan untuk menggantikan ASN yang sudah pensiun. Selain itu, untuk mengisi tempat yang masih kosong alan segera dilakukan open bidding.
“Pelantikan ini untuk mengisi pejabat pensiun. Karena tempat-tempat yang kosong harus segera diisi agar sistem dalam pekerjaan bisa segera berjalan dengan baik. Harapannya ketika sistem sudah berjalan dengan baik. Maka kesejahteraan masyarakat juga akan semakin terjamin,” ujar Dewanti kepada Mew Malang Pos, usai memimpin pelatikan.

Dewanti juga berpesan, khususnya bagi kepala sekolah yang baru saja dilantik agar cepat beradaptasi. Pasalnya saat ini untuk sistem pengelolaan keuangan menggunakan SIPD.

Lebih lanjut, dengan adanya pelantikan secara tak langsung ada lima kursi di PD Pemkot Batu yang kosong. Sehingga akan segera melakukan open bidding. Ia juga meminta agar ASN Pemkot Batu yang telah memenuhi syarat bisa ikut mendaftar.
“Secepatanya akan dilakukan open bidding. Para ASN yang memenuhi syarat bisa ikut. Karena dengan ikut open bidding akan mendapat pengalaman baru dam akan mengetahui apa kekurangan yang ada di dalam diri masing-masing ASN,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Batu Siswanto menyampaikan dengan dilantiknya dua kepala PD dari hasil open bidding sebelumnya membuat lima kepala PD kosong. Pihaknya kini tengah menunggu rekom dari KASN untuk bisa kembali menggelar open bidding.
“Kalau seumpama besok (KASN) datang, kami akan undang tim pansel yang biasanya itu dari kepala Kanreg II untuk apat menentukan kapan open bidding digelar,” paparnya.


Sedangkan saat ditanya siapa saat ini yang mengisi dua PD kosong yang baru saja ditinggalkan. Pihaknya belum mendapat petunjuk untuk menunjuk siapa siapa penggantinya (Plt).

“Besok juga saya laporan untuk mengisi (plt) kursi kosong. Saat ini ada Bapenda, Kominfo, Dinas Perpustakaan, Dinas Perumahan. Serta staf ahli asisten dan Inspektorat yang tak perlu melakukan uji kompetensi karena dilihat dari yang paling berpengalaman,” terangnya.


Siswanto menambahkan, untuk pelantikan yang digelar diikuti oleh 237 pejabat. Jumlah tersebut belum termasuk JPTP dan eselon III dan IV. (eri/jon)