Liga Champions, Manchester City Bekuk Dortmund 2-1

4
Tendangan penalti Riyad Mahrez membawa Manchester City mencetak gol penyeimbang melawan Dortmund. (Foto: Pool via REUTERS/INA FASSBENDER)

Jakarta, NewMalangPos – Pertandingan leg kedua babak perempat final Liga Champions di Dortmund, Kamis (15/4) dini hari WIB mengantarkan kemenangan bagi Manchester City dengan skor 2-1 atas Borussia Dortmund

Dalam lima menit pertama permainan, Manchester City lebih banyak menguasai bola dan bermain dengan tempo lambat. Sedangkan, Dortmund lebih bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Tuan rumah Dortmund berhasil unggul 1-0 pada menit ke-15 lewat tendangan Jude Bellingham dari dalam kotak penalti Manchester City. Manchester City mendapatkan peluang emas pada menit ke-32, namun sepakan Riyad Mahrez masih dapat ditepis penjaga gawang Dortmund.

Menit ke-37, Manchester City kembali membahayakan gawang Dortmund lewat tandukan Oleksandr Zinchenko. Namun, tandukannya masih bisa diamankan kiper Dortmund Marwin Hitz. Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Dortmund.

Di babak kedua, Manchester City tampil lebih menekan sejak awal laga. Pada menit ke-50, Zinchenko melepaskan tembakan yang mengacam gawang Dortmund. Namun, tembakannya masih dapat ditepis oleh kiper Dortmund.

Kemudian pada menit ke-52, Manchester City mendapatkan penalti setelah Emre Can melakukan handsball. Riyad Mahrez selaku eksekutor sukses mengonversi penalti tersebut menjadi gol dan mengubah skor menjadi 1-1 pada menit ke-54.

Di menit ke-73, Manchester City kembali mengancam gawang Dortmund. Kali ini sepakan keras Kevin De Bruyne masih mampu ditepis kiper Dortmund dan hanya menciptakan sepak pojok.

Namun, berawal dari sepak pojok ini, Manchester City berhasil memperlebar keunggulan lewat Phil Foden. Menerima umpan dari tendangan pojok, Phil Foden menghukum Dortmund lewat tembakan keras dari luar kotak penalti yang menghujam gawang Dortmund pada menit ke-54.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan ini berakhir. Manchester City menang dengan skor 2-1 atau dengan agregat 4-2 atas Dortmund.

Selanjutnya, Manchester City akan menghadapi Paris Saint Germain di semifinal Liga Champions.

Susunan Pemain:

Dortmund XI: M Hitz; M Hummels, R. Guerreiro, M Akanji, Mateu Morey; E. Can, M. Dahoud; A. Knauff; J. Bellingham, M Reus; E. Haaland

Manchester City XI: Ederson; K. Walker, J. Stones, Ruben Dias, Zinchenko; Gundogan, K. De Bruyne, Bernardo Silva; Rodri, P. Foden, R. Mahrez

(rhr/rhr/cnni/mg2/ley/nmp)